29 September 2022, 16:22 WIB

Survei: 83,8% Warga Puas Terhadap Kinerja Anies Baswedan


Putri Anisa Yuliani |

PUSAT Data Bersatu (PDB) merilis hasil survei kepuasan warga DKI Jakarta terhadap kinerja Gubernur Anies Baswedan selama lima tahun memerintah wilayah Ibu kota.

Survei dilakukan dengan wawancara telepon (telepolling) kepada masyarakat DKI terpilih, yang dilaksanakan pada 24-25 September 2022. Telepolling menggunakan metode Proportionate Snowball Sampling terhadap 400 orang tepilih di DKI Jakarta.

Baca juga: Izin Sudah Dicabut, KCN Tetap Wajib Jalankan Sanksi Perbaikan Lingkungan

Dari survei tersebut, diketahui sekitar 83,8% warga puas terhadap kinerja Anies. "Bahwa mayoritas masyarakat (83,8%) merasa puas terhadap kinerja Anies–Riza," ujar peneliti PDB Syarifuddin dalam konferensi pers, Kamis (29/9).

"Terutama dalam hal Pembangunan Infrastruktur (37,5%), Tata Kelola Perkotaan (20,3%) dan Layanan Transportasi Umum (11,3%)," imbuhnya.

Ketiga hal tersebut memiliki keterkaitan, yaitu pembangunan infrastruktur transportasi umum menjadi hal yang utama. Seperti, penambahan koridor Transjakarta dan pembanguna. Berikut, perbaikan fasilitas sejumlah halte Transjakarta.

Baca juga: Anies Mau Nyapres, Gerindra: Apa Ingat Pilkada 2017?

Namun, responden menilai dan menyadari bahwa masih ada pekerjaan rumah yang menjadi warisan dan harus diselesaikan oleh penerusnya. Dalam hal ini, terkait masalah ekonomi yang diakibatkan pandemi covid-19.

"Untuk masalah ekonomi ini sebenarnya wajar, karena setiap daerah, bahkan negara di dunia, juga mengalami hal yang sama. Namun, Jakarta adalah barometer. Jadi perhatian di republik ini," imbuh pengamat ekonomi Indef Agus Herta Sumarto.(OL-11)

BERITA TERKAIT