28 September 2022, 20:35 WIB

Pembangunan Jalan Layang Cisauk Tangerang Mulai Oktober 2022


mediaindonesia.com |

BUPATI Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebutkan bahwa proyek pembangunan jalan layang atau flyover di perlintasan sebidang Cisauk akan dimulai pada Oktober 2022.
 
"Dalam kurun waktu satu minggu ke depan akan ada proses penyelesaian kontrak dan lelang untuk program pembangunan di APBD perubahan Kabupaten Tangerang, khususnya untuk jaringan jalan flyover Cisauk" ucap Zaki di Tangerang, Rabu (28/9).
 
Ia mengatakan, saat ini Pemkab Tangerang telah melakukan penyelesaian proses lelang dalam proyek pembangunan jalan layang tersebut dan ditargetkan rampung pada triwulan kedua 2023.
 
"Mudah-mudahan pembangunan flyover yang akan dimulai pada Oktober 2022 sampai dengan triwulan dua di 2023 tersebut akan tuntas," katanya.
 
Menurutnya, dalam pelaksanaan pembangunan jalan layang di perlintasan sebidang Kecamatan Cisauk ini ditujukan sebagai penanganan masalah kemacetan di wilayah itu.
 
"Diharapkan pembangunan flyover ini bisa mengurai kemacetan di wilayah Cisauk yang memang sudah lama menjadi faktor utama sumber kemacetan," ujarnya.


Baca juga: Malam Ini, Ada Rekayasa Pola Operasi Perjalanan Commuter Line

 
Ia menerangkan, selain sektor pembangunan jalan layang yang dilaksanakan pada awal Oktober, pihaknya juga akan segera melaksanakan beberapa perbaikan atau peningkatan pembangunan infrastruktur jaringan jalan yang ada di daerah tersebut.
 
"Jadi ada jaringan-jaringan jalan yang memang sudah dua tahun tertunda baik pembangunannya atau pelebaran dan lain sebagainya sekarang akan mulai kita laksanakan pembangunan sampai akhir 2023 ini," ungkap dia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah Effendi, menambahkan bahwa dalam flyover Cisauk akan dibangun sepanjang 900 meter, dengan panjang jembatan sekitar 500 meter.
 
"Insya Allah di Oktober ini akan ada penetapan pemenang dan itu kontraknya melalui kontrak multiyears selama 13 bulan. Di Agustus
2023 flyover Cisauk sudah bisa operasional," tuturnya.
 
Kemudian, untuk pembangunan perbaikan atau peningkatan infrastruktur jaringan jalan di Kabupaten Tangerang yaitu sebanyak 301 ruas. Di  ana, dari ratusan ruas jalan itu dengan total panjangnya kurang lebih 992 km.
 
"Adapun untuk anggarannya telah menyiapkan kurang lebih Rp180 miliar sebagai pembangunan jaringan jalan, sumber daya air, drainase, dan lain sebagainya dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata dia. (Ant/OL-16)

BERITA TERKAIT