27 September 2022, 16:52 WIB

Kawasan Thamrin-Sudirman Dinikmati Semua Orang, Anies Singgung Gagasan Sebelumnya


Mohamad Farhan Zhuhri |

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut kawasan Sudirman-Thamrin sudah berubah menjadi lokasi yang mengedepankan kesetaraan. Salah satunya dengan meningkatkan fasilitas umum untuk pejalan kaki yang diperlebar.

Pasalnya, Anies mengatakan gagasan lama terkait Sudirman-Thamrin yang tidak boleh lagi dilalui sepeda motor merugikan pihak lain. "Jangan sampai misal dulu ada gagasan di Jalan Sudirman-Thamrin tidak boleh dilewati motor. Kalau sepeda motor dihentikan dari jalan itu, ini jatah teman-teman ojek online ada 500 ribu delivery per hari di Jalan Sudirman," ujar Anies sebagai keynote speech di Acara Jakarta Innovation Day, Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (27/9).

Menurutnya, jika kebijakan itu masih ada, pendapatan mereka dalam satu bulan sekitar Rp15 juta tidak bisa terjadi. Ini karena tidak ada yang melakukan pengiriman ke tempat tersebut. 

Baca juga: Anies tak Akan Wajibkan ASN DKI Naik Kendaraan Umum

Sebelumnya, Anies menghadiri sekaligus membuka kegiatan Jakarta Innovation Days. Kegiatan ini merupakan wadah hasil inovasi dari perangkat daerah, NGO, akademisi, dan komunitas di DKI Jakarta yang akan dikembangkan melalui kolaborasi antarpihak untuk kemajuan Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung pada 27-28 September di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, itu menampilkan karya dan gagasan para innovator dari lintas sektor seperti swasta, akademisi, dan komunitas kepada warga Jakarta. "Nah kami juga memandang proses belajar itu secara terus menerus. Kami berharap dengan Jakarta Innovation Days, satu sisi kita bisa menjelaskan apapun yang sudah dilakukan terkait inovasi kebijakan dan eksekusinya. Sisi lain, dari berbagai pihak yang datang juga bisa membuktikan kepada kita bahwa terobosan atau inovasi yang pernah mereka lakukan mungkin bisa bermanfaat untuk kami di Jakarta," ujar Anies. (OL-14)

BERITA TERKAIT