26 September 2022, 17:55 WIB

Anies Klaim Saringan Sampah Kali Ciliwung Pertama di Indonesia


Selamat Saragih |

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengeklaim proyek pembangunan saringan sampah di Kali Ciliwung berada di aliran segmen TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, merupakan yang pertama di Indonesia. Ide pembangunan saringan sampah bermula dari kunjungannya ke Pintu Air Manggarai usai dilantik sebagai gubernur.

"Ini proyek pertama kali dan bahkan pertama kali di Indonesia ada penyaringan seperti ini," ujar Anies di Jakarta, Senin (26/9). "Ketika mulai bekerja di Jakarta pada awal 2018 Kali Ciliwung meningkat airnya dan di Pintu Air Manggarai terjadi timbunan sampah yang luar biasa banyak. Pada saat itu, saya tanyakan kepada tim, 'Ini sampah dari mana?" kata Anies.

Kemudian Gubernur DKI Jakarta itu memperoleh jawaban bahwa sampah tersebut merupakan kiriman dari luar Kali Ciliwung. Pemprov DKI lantas membangun saringan sampah Kali Ciliwung senilai Rp195 miliar.

"Sampah banyak datang justru dari kawasan luar Jakarta masuk melalui Kali Ciliwung. Kenapa tidak disaring sebelum masuk ke dalam kota, sehingga seluruh kawasan aliran sungai, kanan kiri sepanjang Ciliwung di dalam kota Jakarta terbebas dari limpahan sampah itu?" ungkap Anies.

Baca juga: Pengembang Pulau C Wajib Bangun Rusun

Setelah didiskusikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sepakat membangun saringan sampah. Anggaran untuk biaya pembangunan saringan sampah itu sebenarnya sudah ada sejak 2020. 

"Pada 2020 terjadi pandemi sehingga banyak program yang pada waktu itu anggarannya dialihkan untuk penanganan covid-19. Alhamdullilah sekarang kondisinya sudah lebih baik, anggaran itu kini tersedia dan sekarang dilaksanakan," kata Anies. "Nah harapannya ini akan bisa mengendalikan sampah untuk tidak masuk ke dalam kota Jakarta."

Dalam keterangan terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan saringan sampah itu ditargetkan beroperasi pada Januari 2023. (OL-14)

BERITA TERKAIT