24 August 2022, 18:50 WIB

Pengurus Masjid At Thohir Bantah Melarang Wanita tanpa Hijab Beribadah


mediaindonesia.com |

PENGURUS Masjid At Thohir Cimanggis, Depok, Jawa Barat, menegaskan pihaknya tidak pernah melarang wanita tanpa hijab beribadah. Direktur Masjid At Thohir H Rachmatullah menyampaikan hal itu menanggapi unggahan sebuah video di media sosial yang mengesankan adanya pelarangan wanita tanpa hijab beribadah di masjid itu.

"Atas nama Masjid At Thohir kami menyayangkan beredarnya isu yang mengesankan Masjid At Thohir telah melarang wanita tanpa hijab beribadah. Kami tak pernah melarang mereka yang tak berhijab beribadah di sini. Masjid At Thohir sangat menjunjung toleransi antarumat manusia maupun sesama muslim," ujar Rachmatullah lewat keterangan tertulisnya, Rabu (24/8).

Pengurus Masjid At Thohir mengaku telah melakukan investigasi atas informasi yang beredar di medsos yang menyebut adanya semacam perundungan kepada pengunjung wanita tanpa hijab yang ingin beribadah di sana. Informasi itu coba diklarifikasi lewat CCTV yang dipasang di setiap sudut masjid.

Dari rekaman CCTV terungkap bahwa tak ada larangan atau perundungan yang dilakukan oleh pengurus masjid. Sebaliknya, peristiwa yang sebenarnya terjadi adalah salah satu jemaah memberi isyarat sekilas kepada seorang wanita agar mengenakan hijab. Tak jelas apakah isyarat itu melarang atau hanya imbauan agar si wanita memakai hijab jika memasuki masjid.  

"Jemaah yang memberi isyarat sekilas kepada wanita itu bukanlah pengurus masjid. Jika ada yang menyebut pengurus masjid melarang wanita berhijab untuk beribadah di masjid ini, itu adalah fitnah," ujar Rachmatullah.


Baca juga: Wagub belum Memutuskan Usulan Polda Terkait Pengaturan Jam Kerja


Masjid At Thohir kini menjadi destinasi wisata di Cimanggis, Depok, dan selama ini terbuka untuk wisatawan lokal dan mancanegara yang nonmuslim. Mereka dapat melihat seputaran masjid tanpa adanya diskriminasi.

"Masjid At Thohir sangat menjunjung Islam yang rahmatan lil alamin. Bahkan ada pula wisatawan nonmuslim yang datang berwisata mengambil foto dan melihat perpustakaan masjid," ujarnya.

Sebelumnya, akun atas nama @etibudiy01 membuat heboh jagat medsos usai mengunggah video protes atas perundungan kepada dirinya di masjid At Thohir. Sang wanita menuding dia diusir saat hendak salat akibat tidak mengenakan hijab ketika memasuki masjid.

Namun, rekaman CCTV masjid justru menunjukkan fakta sebaliknya. Sang wanita bukanlah diusir oleh pengurus masjid melainkan hanya mendapat isyarat sekilas dari salah satu jemaah lainnya soal hijab. Lelaki yang memberi isyarat itu lalu menghilang masuk ke dalam masjid.

Momen itu hanya berlangsung hitungan detik. Lalu sang wanita itu memilih keluar sendiri dari masjid dan kemudian diketahui membuat konten video yang berisi pesan seakan dia dilarang beribadah karena tak berhijab. Rekaman CCTV tak menunjukkan ada pengurus Masjid At Thohir mengusir jemaah akibat tidak memakai hijab. (RO/OL-16)

BERITA TERKAIT