23 August 2022, 21:10 WIB

Beredar Video Tumpukan Dolar Senilai Rp900 M di Rumah Sambo, Polri: Hoaks


Rahmatul Fajri |

SEBUAH video viral di media sosial Twitter yang menunjukkan tumpukan uang dolar Amerika yang tersimpan di dalam koper. Dalam narasinya, uang itu disebut senilai Rp900 miliar. Tumpukan uang itu disebut ditemukan di rumah eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Polri pun merespons adanya video tersebut. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membantah informasi tersebut. Ia mengatakan video yang memperlihatkan uang Rp900 miliar tersebut adalah hoaks.

"Tidak benar itu, hoaks," ujar Dedi saat dimintai konfirmasi, Selasa (23/8).

Dedi menjelaskan, Polri akan mendalami kebenaran video tersebut, termasuk soal pihak yang menyebarkan informasi itu. "Nanti Dittipidsiber (Direktorat Tindak Pidana Siber) yang dalami," tuturnya.


Baca juga: Polda Metro: Mutasi 62 Anggota untuk Pengembangan Karier


Sebelumnya, beredar kabar penemuan uang Rp900 miliar di rumah Irjen Ferdy Sambo setelah Tim Khusus Polri melakukan penggeledahan pada Selasa (9/8) lalu.

Penggeledahan dilakukan di tiga rumah Sambo di Jakarta Selatan, yakni Jalan Duren Tiga Utara, Jalan Saguling, dan Jalan Bangka.

Dedi membenarkan adanya penggeledahan di rumah Sambo. Namun, ia menepis kabar soal adanya temuan bunker berisikan uang miliran rupiah.

"Berdasarkan informasi dari tim khusus yang melakukan penggeledahan di beberapa tempat Irjen FS, info soal bunker Rp900 miliar tidaklah benar," kata Dedi.

Namun, ia tidak membeberkan apa saja barang bukti yang disita Polri dari penggeledahan di rumah Sambo tersebut. (OL-16)

BERITA TERKAIT