22 August 2022, 14:56 WIB

Dinkes DKI Jakarta Temukan 3 Orang Kontak Erat Kasus Cacar Monyet


Theofilus Ifan S |

KEPALA Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan penemuan sejumlah kontak erat kasus cacar monyet di Jakarta. Pihaknya pun segera memasifkan pelacakan dan upaya pencegahan penularan.

“Hasil tracing dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menemukan tiga orang kontak erat,” kata Widyastuti dalam keterangan tertulis, Senin (22/8).

Widyastuti tidak memerinci identitas ketiga kontak erat tersebut. Namun mereka dipastikan dalam kondisi baik dan tidak mengalami keluhan kesehatan. Pihaknya terus memantau seluruh kontak erat. Termasuk memonitor pasien cacar monyet perdana.

“Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik,” papar dia.

Baca juga: Menkes Ungkap Penularan Cacar Monyet tak Semudah Covid-19

Satu kasus konfirmasi cacar monyet telah ditemukan di Indonesia. Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan virus cacar monyet itu menginfeksi seorang laki-laki warga negara Indonesia (WNI) berusia 27 tahun yang tinggal di DKI Jakarta.

"Jadi pasien ini terkonfirmasi positif setelah melakukan kontak langsung dari negara tempat dia bepergian kemarin. Pasien ini baru pulang dari salah satu negara dari 89 negara yang sudah memiliki kasus cacar monyet tapi kami tidak akan sebutkan negaranya," kata Syahril dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (20/8).

Syahril membeberkan, pada 8 Agustus 2022, pasien sampai di Jakarta dari luar negeri. Setelah itu, pada 16 Agustus 2022 pasien merasakan gejala awal, yakni demam. Kemudian pada 18 Agustus 2022 mulai muncul ruam-ruam di wajah, telapak tangan, kaki, dan pada alat genital.(OL-5)

BERITA TERKAIT