17 August 2022, 12:12 WIB

HUT Ke-77 RI, Anies: Ini Perjuangan Seluruh Bangsa


Mohamad Farhan Zhuhri |

PEMPROV DKI Jakarta menggelar upacara peringatan HUT ke-77 RI di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/8). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara yang turut diikuti oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan Forkopimda DKI Jakarta.

Anies mengatakan, kemerdekaan bukan hanya dinyatakan oleh satu atau dua orang, melainkan seluruh komponen bangsa.

"Untuk itu, ketika kita pada hari ini memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, ingatlah ini adalah perjuangan seluruh bangsa Indonesia," ujar Anies saat memberikan amanat upacara, Rabu (17/8).

Adapun tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Oleh karena itu, Anies menjelaskan selama dua tahun ini, khususnya Jakarta, berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat dalam menghadapi pandemi covid-19. 

"Maka dari itu, dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, Pemprov DKI Jakarta konsisten mengedepankan prinsip keadilan untuk warganya, seperti yang tertuang pada tema perayaan tahun ini," tuturnya.

Baca juga: Peringati HUT ke-77 RI, Ganjar Pranowo Ajak Berantas Intoleransi dan Radikalisme

Anies juga mengungkapkan, prinsip keadilan yang diterapkan di Jakarta adalah bagaimana membahagiakan warga secara sistematis dan berkelanjutan.

Hal ini mengingat Jakarta selama ini adalah rumah bagi semua kalangan maupun semua suku yang ada di Indonesia dan sebagai barometer nasional.

"Jakarta adalah rumah bagi semua. Karenanya, aspek keadilan, kesetaraan dan pembangunan yang berkelanjutan menjadi perhatian," ungkapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT