15 August 2022, 18:09 WIB

125 Ribu Benih Ikan Disebar untuk Ketahanan Pangan Kota Bekasi


Rudi Kurniawansyah |

Guna mendukung program ketahanan pangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyebar sebanyak 125 ribu benih ikan yaitu 100 ribu benih ikan patin dan 25 ribu benih ikan lele pada sejumlah titik kecamatan di Kota Bekasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Reny Hendrawati mengatakan bantuan benih ikan berasal dari cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Barat. Benih ikan akan disebar pada beberapa titik kecamatan di Kota Bekasi.

"Semoga program ini bermanfaat untuk warga Kota Bekasi yang kedepannya bertujuan untuk melestarikan plasma nuftah demi meningkatkan kualitas ekosistem perairan, meningkatkan produksi perikanan, dan dapat menambah fungsi rekreatif untuk kegiatan penangkapan ikan," kata Reny di Kota Bekasi, kemarin.

Ia mengungkapkan, ratusan ribu benih ikan akan disebar pada sejumlah lokasi yaitu Polder Aren Jaya dengan jumlah 30 ribu ikan patin, Rawa Pasung dengan jumlah 30 ribu ikan patin. Kemudian Danau Vida dengan jumlah 20 ribu ikan patin, Polder Fajar Indah dengan jumlah 20 ribu ikan patin, Bendungan Koja Jati asih dengan jumlah 15 ribu ikan nila, dan Danau Pemda dengan jumlah 10 ribu ikan nila. "Ini dapat membantu ketahanan pangan keluarga melalui asupan protein dari ikan," ujarnya.

Dikatakannya, untuk proses ketahanan pangan dan bidang perikanan, warga Kota Bekasi bisa mengembangkan atau membudidayakan benih-benih ikan tersebut. Apalagi sudah tersebar pada sejumlah titik lokasi kecamatan di Kota Bekasi. "Imbauan dari program tebar benih ikan ini adalah masyarakat Kota Bekasi agar ikut berperan menurunkan angka stunting dan mengajak warga untuk gemar memakan ikan," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT