08 August 2022, 16:35 WIB

Pergantian Nama Rumah Sakit jadi Rumah Sehat Sudah Disiapkan Lama


Mohamad Farhan Zhuhri |

DINAS Kesehatan DKI Jakarta mengklaim telah lama mempersiapkan terkait penjenamaan rumah sehat untuk Jakarta. Hal tersebut disampaikan Waka Dinkes DKI Jakarta, Ani Ruspitawati.

"Ada bebetapa pertimbangan dalam penjenamaan rumah sehat untuk jakarta," ujar Ani di Jakarta, Senin (8/8).

Pertimbangan pertama yakni untuk merubah pola pikir masyarakat, bahwa datang ke rumah sakit bukan hanya ketika sakit tetapi juga untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kesehatannya.

"Kedua, Untuk itu rumah sehat untuk jakarta mengembangkan konsep layanan promotif preventif sebagai bagian dari layanan rumah sakit yang paripurna dan berkesinambungan," paparnya.

Selain itu, menurut Ani, perubahan logo juga bertujuan sebagai keatuan identitas bagi faskes milik dki jakarta sehingga jejaring layanan dapat lebih baik dan mampu memberikan akses yang luas kepada masayarakat.

Baca juga: Anggota DPR Minta Anies Pastikan Dasar Hukum Ubah Rumah Sakit ke Rumah Sehat

"Sebagai momentum bagi seluruh unsur dalam rumah sehat untuk jakarta dalam memberikan layanan kesehatan yang berorientasi pada pasien dan mengembanhkan hospitality dalam pelayanan hingga memberikan pengalaman yang baik bagi masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di enam wilayah DKI Jakarta menjadi Rumah Sehat.

Peresmian penjenamaan ini dilakukan di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8).

Penggantian nama menjadi rumah sehat bertujuan untuk mengubah pandangan masyarakat untuk datang ke rumah yang sebelumnya bernama rumah sakit.

Anies berharap masyarakat yang datang ke rumah sehat bukan lagi karena sakit tapi karena ingin sehat. Sehingga rumah sehat tidak hanya didatangi saat dalam keadaan sehat saja melainkan ketika dalam kondisi sehat.

“Nah kita ingin mengubah jd rumah sehat untuk jakarta. Karena kita ingin jadikan rumah ini untuk hidup sehat dateng ke RS karena ingin sehat bukan sembuh karna syarat sembuh harus sakit dulu,” ujar Anies. (OL-4)

BERITA TERKAIT