05 August 2022, 19:42 WIB

Didampingi Bonge Ikon CFW, Ridwan Kamil Resmikan Situ Rawa Kalong Depok


Kisar Rajaguguk |

SITU Rawa Kalong di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, kini disulap menjadi kawasan destinasi wisata air.

Usai diresmikan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Situ (Danau) Rawa Kalong dengan luas lahan mencapai 8,25 hektare itu menghadirkan pesona keindahan alam dan memiliki fungsi menjaga kelestarian dan penampungan air.

"Situ Rawa Kalong menghadirkan fungsi ekologis dan sosial. Situ Rawa Kalong juga dapat mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi rakyat," ujarnya, Jumat (5/8).

Sebelum disulap menjadi kawasan wisata, Gubernur mengatakan Situ Rawa Kalong digunakan warga sekitar sebagai tempat memancing ikan.

Situ Rawa Kalong yang berada di tengah permukiman direvitalisasi sejak 2019. Menghabiskan APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp21,6 miliar.

"Revitalisasi Situ Rawa Kalong yang menghabiskan APBD Rp21,6 miliar ditujukan untuk mengembalikan fungsi pariwisata yang mulai berubah karena banyaknya pergantian fungsi yang ada di sekitar kawasan," jelas Gubernur.

Situ Rawa Kalong menyediakan fasilitas seperti kubus apung yang ikonik dan dapat digunakan untuk walkway di atas air.

Gubernur melanjutkan, Situ Rawa Kalong dilengkapi beberapa fasilitas lainnya seperti menara air, taman lansia, penyediaan toilet, pengerukan sedimen dan perbaikan tanggul, gedung aula, retail kios, pagar pembatas, lanskap atau pedestrian path, hingga vertical garden.


Baca juga: Setidaknya Ada 5.713 Anak Kota Bekasi Belum Imunisasi Dasar


Situ Rawa Kalong yang sebelumnya nampak kotor dan kurang terurus, lanjut Emil --sapaan Ridwan Kamil--, telah berubah menjadi kawasan yang memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air.

"Alhamdulillah upaya Pemerintah Kota Depok bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memberikan ruang-ruang publik yang berkualitas kepada warga Kota Depok," tuturnya.

Hadir dalam peresmian tersebut ikon Citayam Fashion Week CFW), yaitu Bonge, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris. Ratusan warga Kota Depok dan sekitarnya juga terlihat memadati acara. Mereka ingin melihat Guberbur dan Bonge catwalk di panggung apung.

Gubernur mengatakan perlahan situ lain yang ada di Kota Depok akan direvitalisasi, sehingga makin banyak ruang terbuka bagi warga untuk melakukan aktivitas.

"Kekayaan Kota Depok adalah situnya atau danaunya banyak. Insya Allah ini bukan yang pertama, nanti situ situ lainnya juga insya Allah pelan-pelan kami perbaiki," terangnya.

Dengan makin banyaknya situ yang direvitalisasi, sambung Emil, diharapkan makin banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Namun, ia berpesan agar ketertiban umum dan kebersihan tetap dijaga.

"Di sini juga warga silakan berekspresi, apa pun yang penting tetap jaga ketertiban, tidak mengganggu kepentingan umum, dan jaga kebersihan. Kalau nanti ada lomba lukis yaaAlhamdulillah, ada pameran rajut, apa pun ekspresinya silakan selama itu baik dan sesuai aturan di Kota Depok," ungkapnya.

Ke depan akan dilengkapi sarana yang belum ada seperti CCTV dan lainnya. "Mudah mudahan pascapandemi ini bangku, taman, CCTV, nanti ditambahin ya gak ada masalah sampai akhirnya lengkap jadi sarana publik yang aman, nyaman, dan menyenangkan," pungkasnya. (OL-16)

BERITA TERKAIT