03 August 2022, 16:46 WIB

Ridwan Kamil Apresiasi Terobosan Erick Thohir Ciptakan Wajah Baru Sarinah


Mediaindonesia.com |

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi terobosan Menteri BUMN Erick Thohir dalam menciptakan wajah baru Sarinah. Kang Emil sapaan akrabnya itu menilai Erick Thohir telah berhasil merancang Sarinah lebih humanis.

Kang Emil menilai Erick Thohir telah berani menyulap sisi depan Sarinah menjadi ruang untus aktivitas warga Ibu Kota. Emil yang merupakan arsitek tersebut mengatakan sudah seharusnya bangunan publik di kota-kota menerapkan prinsip seperti yang dilakukan Erick.

“Selamat Pak Erick Thohir untuk terobosannya. Karena berani mengubah ruang mobil depan gedung menjadi ruang manusia. Seperti itulah seharusnya semua bangunan publik-komersial di kota. Ruang depan itu janganlah habis untuk drop off dan parkiran. Itu disebutnya negative space,” ujar Kang Emil lewat akun Instagramnya.

Kang Emil menyarankan agar para arsitek dan pemangku kebijakan mengikuti jejak Erick Thohir untuk membuat bangunan yang lebih mengutamakan kebutuhan manusia daripada kendaraan.

“Manusia bergerak sesuai desain wadahnya. Ada wadahnya berkegiatan, tidak ada wadahnya ia hilang bersembunyi di ruang-ruang ber-AC yang tidak demokratis. Semoga para arsitek dan kliennya yang mendesain commercial urban building pada insyaf dan memahami teori sederhana namun fundamental ini,” tandas mantan Wali Kota Bandung itu

Ridwan optimistis jika semua bangunan kota seperti Sarinah, kehidupan sosial masyarakat kota akan lebih meriah. Hal tersebut akan berdampak pada kebahagiaan sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakatnya.

“Jika semua bangunan kota komersial seperti Sarinah sikapnya. Bayangkan betapa ramai dan meriahnya kehidupan sosial warga kotanya,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT