03 August 2022, 16:09 WIB

Bulan Imunisasi Anak, Pemkot Tangsel Targetkan 100 ribu Anak di Imunisasi


Syarief Oebaidillah |

PEMERINTAH Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) menargetkan 100 ribu lebih anak-anak menjadi penerima imunisasi dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Hal itu diutarakan Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat memberikan langsung imunisasi kepada anak di Posyandu Dewi Shinta, kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, kemarin.

Imunisasi diberikan dalam rangka program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahap II yang diselenggarakan Senin (1/8).

Benyamin mengungkapkan, BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib. Anak berusia 5 sampai 59 bulan dengan target 95 persen dan 12-59 bulan dengan target 80 persen.

Benyamin menerangkan, program BIAN bertujuan mewujudkan Indonesia bebas dari campak rubela dan penyakit polio.

Baca juga : Anies Ubah Nama Rumah Sakit, PDIP: Jadi Rancu

“Ini upaya meningkatkan cakupan imunisasi, dengan harapan jumlah kasus penyakit yang dapat dicegah, dan kejadian campak rubela dapat jauh menurun. Eliminasi target campak rubela pada 2023, dan Indonesia bebas polio tahun 2026 dapat dicapai,” kata Benyamin.

Masyarakat dapat menerima imunisasi ini di berbagai fasilitas kesehatan yang tersedia, seperti posyandu, Puskesmas, rumah sakit.Hal ini dilakukan untuk mempercepat target pencapaian BIAN.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdiar mengatakan, total 126.000 anak usia hingga lima tahun menjadi target imunisasi BIAN.

Program BIAN ini berlangsung sejak 1 Agustus-14 September. Imunisasi dilakukan di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit

"Mari kita ajak anak anak kita ke Puskesmas atau Posyandu untuk imunisasi, supaya terbentuk kekebalan kelompok, sehingga penyakit dapat kita cegah bersama," pungkas Allin. (OL-7)

BERITA TERKAIT