29 July 2022, 14:40 WIB

Putri Anies Baswedan Menikah dengan Pakaian Adat Jawa


Mohamad Farhan Zhuhri |

MUTIARA Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraebi sah menjadi pasangan suami istri seusai akad nikah yang berlangsung di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (29/7) ini.

Menjadi wali nikah, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang merupakan ayah Mutiara, langsung mengucapkan ijab yang diikuti dengan kabul oleh mempelai pria.

Setelah melaksanakan ijab kabul, mempelai pria ditemani oleh ayahnya dan Anies Baswedan menuju hall utama Candi Bentar, untuk acara temu dan tukar cincin dengan mempelai wanita, Mutiara Baswedan.

Baca juga: Undang Pernikahan Putrinya, Anies Baswedan Kunjungi Wapres

Kabar bahagia tersebut diungkap oleh Abdillah Rasyid Baswedan, yakni adik kandung Anies. “Sebagai perwakilan dari kedua keluarga besar, saya membagikan kabar yang membahagiakan, yaitu pernikahan anak kami: Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraebi," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (29/7).

Menurut Abdillah, acara tersebut berjalan dengan khsuyuk dan khidmat. Adapun kedua mempelai menggunakan adat dari Jawa, yakni Yogyakarta. "Kedua mempelai menggunakan pakaian adat Yogyakarta,” imbuhnya.

Baca juga: Tinjau Citayam Fashion Week, Anies Imbau Remaja 'SCBD' Jaga Kebersihan

Saat resepsi, Tia, sapaan akrabnya, mengenakan kebaya kutu baru berbahan velvet warna pink dan kain batik Yogya motif sido asih dan latar cemeng. Sementara itu, Ali mengenakan surjan dan kain batik Yogyakarta dengan motif sido asih dan latar cemeng.

Pakaian adat Yogyakarta juga digunakan Anies Baswedan dan Fery Farhati saat melangsungkan akad nikah pada 11 Mei 1996. “Selain pakaian adat yang sama, kisah Tia dan Ali ini sama dengan kisah Bapak Anies dan Ibu Fery, yaitu sama-sama dipertemukan di kampus," ungkap Abdillah.

Diketahui, Anies dan istrinya bertemu saat keduanya menempuh ilmu di Universitas Gadjah Mada. Anies di Fakultas Ekonomi, sedangkan Fery di Fakultas Psikologi. Adapun Tia dan Ali dipertemukan di Universitas Indonesia, dengan masing-masing mengambil jurusan hukum dan kedokteran.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT