28 July 2022, 21:05 WIB

DKI Masih Periksa Izin Lembaga ACT, Berharap Ada Titik Terang


Selamat Saragih |

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya masih memeriksa izin operasional lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Ibu Kota. 

Pemprov DKI berharap dalam waktu dekat dapat menemukan titik terang mengenai persoalan izin kegiatan lembaga ACT. "Sudah dirapatkan dan sebagainya, Insyaallah dalam waktu dekat akan kami kabari," ujar Ariza, sapaan akrabnya, Kamis (28/7).

Baca juga: MUI Telah Hentikan Semua Kerjasama dengan ACT

Sebelumnya, dia menjelaskan bahwa izin kegiatan lembaga ACT secara otomatis bakal dicabut Pemprov DKI. Sebab, izin pengumpulan uang dan barang telah dicabut lebih dulu oleh Kementerian Sosial. 

Namun, Ariza menekankan bahwa ada perbedaan tugas Kementerian Sosial dan Pemprov DKI dalam pengawasan terhadap ACT. "Sudah ada batasnya, siapa yang punya kewenangan wilayah DKI, dengan wilayah Kemensos kan beda," imbuhnya

Lebih lanjut, dia menerangkan alasan belum dicabutnya izin operasional lembaga ACT. Pasalnya, Pemprov DKI harus melakukan evaluasi terlebih dahulu.

Baca juga: Tak Lolos Uji Emisi, Kendaraan Bakal Dikenakan Biaya Parkir 2 Kali Lipat

"Kami harus bekerja sesuai dengan aturan dan ketentuan. Tahapannya harus on the track, biar nanti tidak menimbulkan masalah," papar Ariza.

Diberitakan, kepolisian telah menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan penyelewengan dana oleh lembaga filantropi ACT. Keempat tersangka menyelewengkan dana donasi untuk berbagai keperluan, termasuk menggaji petinggi ACT dengan nilai fantastis.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT