27 July 2022, 21:40 WIB

Waspdai Cacar Monyet, Wagub DKI: Dinkes Lakukan Upaya Antisipasi


Arbida Nila Hastika |

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat suara tentang peran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewaspadai cacar monyet.

Wagub yang kerap disapa Ariza ini menyampaikan kerja sama Pemprov DKI dengan pihak terkait untuk mencegah masuknya cacar monyet di DKI Jakarta.

“Dinkes kita ini sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dengan seluruh instansi terkait melakukan upaya-upaya pencegahan antisipasi,” tegas Riza ketika ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (27/7).

Baca jugaKecanduan Sabu, Tiga Pemuda di Jakbar Nekat Curi Motor

Sebagai informasi, World Health Organization (WHO) telah menetapkan cacar monyet atau monkeypox sebagai Darurat Kesehatan Global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) pada Sabtu (23/7).

Selain itu, Kemenkes juga mengeluarkan himbauan 3 langkah pencegahan penyebaran cacar monyet di laman promkes.kemkes.go.id. Berikut ini adalah beberapa sikap preventif yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran cacar monyet ditengah masyarakat, diantaranya adalah:
1. Memperbarui situasi dan frekuensi question (FAQ) terkait monkeypox yang dapat diunduh melalui https://infeksiemerging.kemkes.go.id/.
2. Mengeluarkan Surat Edaran NOMOR: HK.02.02/C/2752/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penyakit Monkeypox di Negara non Endemis
3. Melakukan revisi pedoman pencegahan dan pengendalian cacar monyet untuk menyesuaikan situasi dan informasi baru dari WHO,
Upaya tersebut diharapkan mampu mencegah penyakit cacar monyet masuk dan menyebar di tengah masyarakat Indonesia. (H-3)

BERITA TERKAIT