23 July 2022, 21:20 WIB

Tanggapi Fenomena Citayam Fashion Week, Ini Kata Gubernur Jabar


Dede Susianti |

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil itu memberikan respons positif soal fenomena Citayam Fashion Week.

Dia pun mengimbau kepada seluruh kepala daerah di Jawa Barat,untuk menyediakan dan membangun banyak fasilitas ruang publik.

"Jadi begini, kenapa Pak Gubernur rajin bikin alun-alun, betul," kata Ridwan Kamil di hadapan 416 kepala desa se-Kabupaten Bogor yang  menjadi peserta Jambore Kepala Desa se-Kabupaten Bogor yang digelar di Desa Pelangi, Sentul, Kabupaten Bogor, Jabar, Sabtu (23/7).

Karena, lanjut Kang Emil, manusia itu butuh ekspresi ruangan. Perutnya butuh makan, otaknya butuh sekolah, dan sosialnya butuh ruang.

"Jadi kalau kota kabupaten tidak menciptakan ruang, terus nongkrongnya di mana? Kalau enggak ada tempat, nanti hasilnya negatif. Maka, fenomena nongkrong itu tidak ada masalah, tidak mengganggu ketertiban atau tidak merusak fasilitas, sampah, itu tidak masalah," ujarnya.

Menurutnya, sebenarnya untuk mengurus anak muda itu mudah. Cukup membuat mereka sibuk, tapi dengan kegiatan yang positif.

"Kalau tidak dibikin sibuk, berkhayal tidak jelas, narkoba lah masuk, begal, preman lah. Didisiplinkan, dinaikkan, upgrade lah. Makanya, saya imbau kepada para kepala daerah, yuk memperbanyak fasilitas publik, supaya anak muda ini berekspresinya bisa disalurkan," pungkasnya.


Baca juga: Kota Bekasi Kembali Raih Predikat Nindya Kota Layak Anak 2022


Seperti diberitakan, dalam beberapa kesempatan Gubernur Ridwan Kamil  selalu mengutarakan harapannya, agar seluruh kota dan kabupaten  memiliki dan membangun alun-alun besar.

Dia pun mengapresiasi Kota Bogor yang kini sudah memiliki alun-alun dan membangun banyak taman-taman tematik.

Adapun beberapa taman tematik yang ada di Kota Bogor di antaranya Taman Ekspresi yang berhadapan langsung dengan Lapangan Sempur. Di situ juga ada Taman Kaulinan serta Kencana. Ada pula Taman Corat Coret, Taman Lansia, dan Taman Heulang.

Kemudian Kota Bogor juga kini menjadi tempat tujuan wisatawan untuk berolahraga di pedestrian atau trotoar Seputaran Satu Arah (SSA) sepanjang 4 kilometer yang mengelilingi Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor.

Kemudian kini atau yang terbaru ialah kawasan pecinan Suryakancana di mana kini trotoarnya sudah direvitalisasi dan menjadi objek wisata.

Citayam Fashion Week menjadi fenomenal karena ulah sekelompok warga Bojong Gede, Citayam, dan sekitarnya yang memilih berkumpul dan berekspresi dengan busana 'nyentrik' di kawasan Dukuh Atas, Menteng, dan Sudirman, Jakarta.(OL-16)

BERITA TERKAIT