21 July 2022, 20:20 WIB

Jaga Ketahanan Pangan, Pemkot Tangsel Distribusikan Ribuan Bibit Tanaman


Syarief Oebaidillah |

PEMERINTAH Kota Tangerang Selatan ( emkot Tangsel) terus berupaya menjaga stabilitas ketahanan pangan, diantaranya dengan pemberian ribuan bibit cabai dan beragam jenis sayur-mayur kepada masyarakat.

Pemberian bibit itu, dilakukan secara simbolis kepada perwakilan Kelompok Tani, Bank Sampah, serta perwakilan TPS3R dari setiap kecamatan, yang berlangsung di Kantor Kecamatan Serpong, Tangsel.

Pemberian bibit ini oleh Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan. Ia mengatakan, Pemkot Tangsel menaruh perhatian dan komitmen yang tinggi terhadap masalah ketahanan pangan.Sehingga ketahanan pangan dapat dilakukan dan dijalankan seluruh masyarakat di Tangerang Selatan.

“DKP3 punya pola yang bagus dalam menjaga ketahanan pangan di Tangsel. Tinggal bagaimana sosialisasi pemahaman bagaimana ketahanan pangan bisa tumbuh dari lingkungan kecil di rumah.” kata Pilar.

Dia berharap program ketahanan pangan dapat didukung warga melalui kampung mantap. Kampung yang memahami dan menjalankan ketahanan pangan dengan menanam berbagai sayuran yang akan berguna untuk mengatasi lonjakan harga di pasar.

“Kita berupaya untuk beberapa tahun kedepan sudah menyiapkannya. kalau bukan sekarang kapan lagi dan yang paling penting ini memberikan pendidikan kepada anak cucu kita," ujarnya.

Baca juga : Yandri Irsan Ditunjuk Sebagai Plt Kapolres Jakarta Selatan

Dengan didikan ini yang akan membantu kelancaran program ketahanan pangan yang dapat dilanjutkan generasi-generasi kita selanjutnya

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Yepi Suherman mengatakan, pemberian bibit dalam rangka menjaga ketahanan pangan di setiap wilayah. Mengingat isu ketahanan pangan kini menjadi  krusial. Terutama bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

“Masalah pangan menjadi hal yang krusial. Contohnya ada beberapa komoditas yang langka di pasar dan mahal harganya. Hal itu mungkin terjadi secara nasional. Dengan cara ini, Tangsel bisa menyelesaikan masalah ini.” jelasnya.

Bibit yang diberikan di antaranya benih kangkung, bayam hijau, pokcoy, benih cabe rawit merah dan benih cabe rawit hijau.

“Ribuan bibit itu, nantinya akan disemai secara terpusat di setiap kecamatan. Sehingga kelompok masyarakat yang butuh tinggal ambil sendiri bibitnya. Guna memudahkan dan dekat dan bisa dimanfaatkan bersama-sama di masyarakat," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT