15 July 2022, 09:20 WIB

Pipa PDAM Terdampak Proyek Underpass Suplai Air di 10 Wilayah Kota Depok Mati


Kisar Rajagukguk |

PIPA saluran air bersih Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Asasta (PDAM-TA) Kota Depok mengalami kebocoran, mengakibatkan suplai air ke warga di 10 kelurahan terhenti.

"Suplai air bersih PDAM Tirta Asasta mati dari sejak Senin 11 Juli 2022," ujar Direktur Operasional PDAM Tirta Asasta Kota Depok Sudirman, Jumat (15/7).

Ia mengatakan, kebocoran pipa ini karena terkena alat berat proyek pembangunan underpass yang berada di Jalan Dewi Sartika. "Pipa terhantam alat berat bore pile yang sedang melakukan proyek penggalian untuk keperluan pembangunan underpass," ujarnya.

Kebocoran tersebut, jelasnya membuat pasokan air bersih yang didistribusikan melalui pipa tersebut terbuang ke badan jalan. "Karena terbuangnya air, pasokan ke konsumen (warga) yang berada di 10 kelurahan di Kota Depok pun tak mengalir," katanya.

Warga di 10 Kelurahan yang terdampak, yakni warga Kelurahan Beji, Depok Jaya, Pancoran Mas, Rangkapan Jaya, Rangkapan Jaya Baru, Mampang, Tanah Baru, Beji Timur, dan Rawageni.

Untuk mencegah kejadian serupa, pihak PDAM-TA yang berganti nama PT. Tirta Asasta tersebut melakukan koordinasi dengan perusahaan yang melaksanakan pembangunan underpass Dewi Sartika.

"Saat ini pipa bocor di Dewi Sartika masih dalam penanganan petugas teknis. Sejak senin kemarin kami langsung melakukan perbaikan, mudah-mudahan waktu dekat ini perbaikan pipa rusak dan bocor itu selesai," sambungnya.

Dipaparkan Sudirman ada dua titik pipa yang mengalami kerusakan dan kebocoran. Yakni pipa sebelah kanan jalan Dewi Sartika berdiameter 400 inch dan di kirinya berdiameter 250 inch.

"Sebagai pihak pengelola air bersih, kita mengedepankan pelanggan dan memaksimalkan lsyanan bagi para pelanggannya," tuturnya.

Saat ini PT. Tirta Asasta menerjunkan seluruh armada tangki air bersih untuk melayani kebutuhan air kepada pelanggan terdampak penghentian aliran air. "Saat ini armada tangki kita berkeliling secara rutin menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di Perumahan Sawangan Permai, Perumahan Maharaja, Rawageni, Kompleks Marinir, serta Puri Anggrek Mas.

"Semua mobil tangki dikerahkan untuk membantu memenuhi kebutuhan air pelanggan, kita juga mendapat pinjaman 2 unit tambahan dari Perumda Tirta Pakuan Bogor. Semuanya untuk membantu para pelanggan agar tetap dapat memenuhi air bersih mereka," ungkap Sudirman

Salah seorang warga Kompleks Marinir, Pancoran Mas, Arga mengaku suplai air dari PT. Tirta Asasta tak cukup buat mandi anggota keluarganya. "Harapan kami segera dilakukan perbaikan jika memang ada kerusakan. Air adalah kebutuhan vital, layanan terganggu sebentar saja akan sangat dirasakan efeknya oleh pelanggan," ujarnya (OL-13)

Baca Juga: Satu Arah di Jl.Nusantara-Dewi Sartika Depok Dihentikan Sementara

BERITA TERKAIT