14 July 2022, 15:31 WIB

Formappi Minta Legislator DPRD DKI Hormati Hak Warga


Mediaindonesia.com |

PENELITI Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus meminta agar Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta yakni Purwanto dapat menghormati setiap hak warga dan tidak bersikap arogan.

Hal itu disampaikan Lucius Karus merespons surat edaran berisi imbauan terkait resepsi pernikahan anak dari politikus partai Gerindra tersebut yang viral di media sosial. Surat edaran itu berisi imbauan untuk tidak melintas di ruas jalan Setu Babakan (zona A) Kelurahan Srengseng Sawah. 

Baca juga: Roy Suryo Penuhi Panggilan Polisi Sebagai Terlapor Meme Stupa Borobudur

"Saya kira sih surat pemberitahuan berisi hambatan untuk tidak menggunakan jalan raya terkait hajatan yang digelar oleh salah seorang anggota DPRD DKI memang tak bisa dibenarkan," kata Lucius sapaanya, Rabu, (13/7).

Lucius meyakini, jika rakyat biasa yang menggelar hajatan tidak akan mungkin beredar surat yang berisi soal hambatan untuk tidak melintasi jalan. 

"Yang jelas surat itu dibuat karena Purwanto yang menjadi pemilik hajatan adalah seorang anggota DPRD. Kalau rakyat biasa yang menyelenggarakannya, apakah surat hambatan seperti itu juga akan dibuat?," imbuh  Lucius. 

Lucius mengingatkan, jika penggunaan jabatan untuk urusan dan kepentingan pribadi tidak dapat dibenarkan. Terlebih, kata dia, sampai mengganggu kepentingan warga dan masyarakat lain. 

"Maka kemungkinan memanfaatkan jabatan untuk urusan dan kepentingan pribadi dan apalagi  mengganggu kepentingan warga lain sesungguhnya sesuatu yang tidak dibenarkan.Apalagi yang melakukannya adalah seorang wakil rakyat," ujar Lucius. 

Lucius berharap, Purwanto dapat mendahulukan kepentingan rakyat ketimbang pribadi. Lucius menegaskan, bahwa apa yang dilakukan, Purwanto telah menganggu kepentingan publik. 

"Kalau hajatan itu berdampak pada terganggunya kepentingan publik, saya kira sih jadi soal. Kan bisa saja toh dengan modal pendapatan DPRD yang besar, hajatan  keluarga yang besar-besaran diadakan di tempat hajatan yang profesional. Sehingga tidak mengganggu aktifitas warga kebanyakan," pungkas Lucius. 

Sebelumnya, surat edaran berisi himbauan terkait resepsi pernikahan anak anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Purwanto viral di media sosial. Surat edaran dan imbauan ini ditujukan kepada para Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) RW, Ketua RW, dan dan para ketua RT di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Surat edaran ini berisi empat poin imbauan kepada seluruh masyarakat yang tinggal di dekat kediaman anggota dewan DKI Jakarta itu. Pernyataan poin satu yang berisi imbauan untuk tidak melintas di ruas jalan Setu Babakan (zona A) Kelurahan Srengseng Sawah, menjadi yang paling disorot warganet. (RO/OL-6)

BERITA TERKAIT