12 July 2022, 16:36 WIB

Revitalisasi Permukiman Warga Pasar Gembrong Capai 40%


Mediaindonesia.com |

PROGRES revitalisasi permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, saat ini sudah mencapai 40%. Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar berjanji terus mengawal pelaksanaan revitalisasi permukiman warga Pasar Gembrong hingga selesai pada September mendatang sesuai target. 

"Saya memonitor bangunan sesuai dari awal Pak Gubernur, saat peletakan batu pertama, kami merencanakan tiga bulan selesai yaitu September," kata Muhammad Anwar di Jakarta, Selasa (12/7). Total terdapat 138 rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang direvitalisasi menggunakan dana Baznas Bazis DKI Jakarta dengan anggaran Rp7,8 miliar tersebut.

Revitalisasi permukiman yang diberi nama Kampung Gembira Gembrong itu juga mengedepankan konsep ruang terbuka bagi warga. "Enggak ada lagi seperti dulu. Kami membangun lingkungan yang sehat. Ada PAUD-nya, ada saung interaktif, ada musala," ujar Anwar.

Baca juga: Komisi A DPRD DKI Minta Kejelasan Pemanfaatan Aset di Pulau Seribu

Ia juga mengajak warga RW 01 untuk ikut mengawasi proses revitalisasi permukiman mereka agar dapat selesai tepat waktu seperti yang direncanakan. "Yang jelas setiap minggu saya akan ke sini untuk melihat progres dan percepatannya," tutur Anwar.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memulai pelaksanaan pembangunan kembali perumahan di Pasar Gembrong Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, yang sebelumnya hangus akibat kebakaran.

"Alhamdulillah pagi ini kami melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Kampung Gembrong dan rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta, Jumat (1/7). Anies menjelaskan rumah sebanyak itu akan direvitalisasi dan ditargetkan rampung pada September 2022. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT