10 July 2022, 15:15 WIB

Anies Ajak Wilayah di Luar DKI Bertanggung Jawab pada Kualitas Udara


Khoerun Nadif Rahmat |

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan situasi kualitas udara Jakarta hari ini saat bertemu awak media setelah salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS).

Saat ditanya awak media mengenai kualitas udara Jakarta saat ini, Anies berkelit dengan meminta perlu pembahasan khusus mengenai hal ini. Karena, menurutnya, kondisi udara sebuah wilayah tidak terlepas dari wilayah-wilayah lain.

"Misalnya hari kemarin hari Sabtu, ketika aktivitas kendaraan minim dan weekend-weekend sebelumnya tingkat mobilitas rendah namun tingkat polusi tinggi ini menggambarkan kondisi udara di sebuah wilayah tidak terlepas dari wilayah-wilayah yang lain," ucap Anies.

Anies mengajak seluruh wilayah yang menopang Jakarta bersama-sama mengambil tanggung jawab mengenai memburuknya kualitas udara akhir-akhir ini.

Karena perilaku angin terus bergerak membawa udara dari wilayah satu ke wilayah lain.

"Kami di Jakarta misalnya, ketika ada sebuah perusahaan yang mengotori udara, kami ambil langkah mencabut izin lingkungan hidupnya sehingga harus tutup," tutur Anies.

Baca juga: PT MRT Jakarta Gandeng Rukita Wujudkan Hunian Berkualitas di Tengah Kota

Anies meminta kepada pihak berwenang di sekitar Jakarta untuk mengambil langkah yang sama kepada industri-industri yang memberi dampak pada pencemaran udara.

"Kami ingin, semua ada tanggung jawab, karena konsekuensi dari udara yang tidak sehat itu dirasakan oleh semua, termasuk kami yang ada di Jakarta," tukasnya.

Menurutnya, polusi tercipta mulai dari aktivitas individu, kelompok keluarga, sampai industri khususnya pembangkit energi yang memiliki cerobong asap yang mencemari udara. Pihaknya sudah melakukan uji emisi kepada kendaraan yang sifatnya diwajibkan.

"Kami di Jakarta melakukan uji emisi yang bersifat diwajibkan dan itu merupakan tanggung jawab kita di Jakarta bahwa kendaraan yang beroperasi di Jakarta memenuhi syarat lingkungan hidup," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT