07 July 2022, 15:09 WIB

Anies : Kawasan Sudirman Bisa Dinikmati Semua Kalangan


Mohamad Farhan Zhuhri |

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengomentari fenomena anak-anak yang acap kali nongkrong di kawasan taman Sudirman, Jakarta Pusat.

Menurutnya hal tersebut menjadi hak seluruh warga untuk bisa menikmati fasilitas yang dibangun pemprov DKI Jakarta. Anies mengatakan, kawasan sudirman bukan khusus untuk warga atau masyarakat yang bekerja disana.

"Tempat ini tidak harus mereka yang para sosial ekonomi tengah atas," ujarnya di Thamrin Nine, Gedung UOB, Jakarta Pusat, Kamis (7/7).

Anies mengistilahkan fenomena anak-anak asal luar kota Jakarta seperti Citayem, Bojong Gede dan Depok yang memadati kawasan taman Sudirman dengan demokratisasi jalan jenderal sudirman.

"Saya mengistilahkan demkratisaai jalan jenderal sudirman, karena menjadi milik semua, dan siapa saja bisa datang menikmati," jelasnya.

Ia melanjutkan, tempat tersebut menjadi ruang ketiga yang mempersatukan dan sebagai tempat mensetarakan.

Baca juga: Pemkot Tangsel Targetkan Kembali Raih Kota Layak Anak

"Biarlah mereka semua menikmati tempat ini dengan caranya masing masing, jangan cara itu seakan akan diklaim hanya cara A boleh di jalan sudirman, hanya cara B, bukan ini adalah milik kita dan dinikmati bersama-sama," ujarnya.

Ia pun tidak mempermasalahkan anak-anak yang berbondong ingin viral di media sosial karena hanya mendatangi kawasan taman Sudirman. Mantan Mendkibud tersebut hanya mengimbau untuk para warga agar menjaga kebersihan dan ketertiban.

"Jadi ketika ada fenomena baru saja muncul, yang penting jaga kebersihan, ketertiban dan selebihnya nikmati rumah ketiga bersama untuk bersama," ungkapnya.

Sebelumnya, dalam beberapa waktu terakhir anak-anak remaja dari Citayam dan Bojonggede menjadi sorotan di media sosial. Mereka nongkrong di wilayah Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Anak-anak tersebut viral di media sosial seperti Instagram maupun TikTok melalui konten-konten yang menunjukkan mereka nongkrong dengan pakaian atau outfit tertentu. (OL-4)

BERITA TERKAIT