05 July 2022, 13:02 WIB

Kebutuhan Hewan Kurban Jakarta Diprediksi Capai 47.000 Ekor


Dinda Shabrina |

KEBUTUHAN hewan ternak kurban untuk Idul Adha di wilayah DKI Jakarta diperkirakan mencapai 47.000 ekor.

Saat ini, ketersediaan ternak kurban di Ibu Kota tercatat baru sekitar 42.000 ekor. Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan kekurangan stok tersebut akan dipenuhi dalam pekan ini.

“Karena ada kurang lebih 5.000 ternak yang masih dalam perjalanan,” ungkap Eli dalam keterangannya, Selasa (5/7).

Baca juga: Anies: Pasokan Hewan Kurban di DKI Aman dan Terkendali

Terkait tata cara pemasukkan hewan kurban setelah 24 Juni 2022, lanjut dia, harus memenuhi prosedur perizinan. Itu dengan tujuan lokasi penjualan atau penampungan berada di lokasi yang ditetapkan wali kota maupun bupati.

Pelaku usaha penjualan hewan kurban dapat mengakses secara daring di laman jakevo.jakarta.go.id untuk mendapatkan izin pemasukan ternak ke wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Dosen IPB Ingatkan Proses Penyembelihan Berpotensi Timbulkan Pencemaran Wabah PMK

Masyarakat juga diminta melapor ke Suku Dinas KPKP wilayah setempat, jika ditemukan dugaan hewan sakit penyakit mulut dan kuku (PMK). Selain itu, masyarakat diimbau melakukan desinfeksi atau pembersihan kendaraan, peralatan, hewan dan limbah secara rutin.

"Perlu peran aktif masyarakat dalam melaporkan dugaan kasus penyakit. Serta, menjaga biosecurity kandang penampungan untuk mencegah penyebaran penyakit hewan menular,” kata Eli.(OL-11)

BERITA TERKAIT