04 July 2022, 14:27 WIB

Anies: Pasokan Hewan Kurban di DKI Aman dan Terkendali


Hilda Julaika |

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan sebanyak 47 ribu ekor yang diperkirakan untuk kebutuhan kurban Idul Adha, aman dan terkendali dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Yang sudah masuk di Jakarta saat ini sudah 42 ribu. Semua menjalani prosedur karantina dan lainnya. Sehingga, insyaallah status di Jakarta tetap hijau dan aman dari PMK," ujar Anies, Senin (4/7).

Baca juga: MUI Tegaskan Wabah PMK mesti Direspons secara Proporsional

Lebih lanjut, dia menjelaskan masih ada lima ribu ekor hewan kurban dalam perjalanan ke Ibu Kota. Sejumlah hewan kurban diperkirakan sampai di Jakarta sebelum perayaan Idul Adha.

Pihaknya pun mengapresiasi kolaborasi Pemprov DKI dengan Kementerian Pertanian. Mengingat, lebih dari 95% kebutuhan pangan di Jakarta berasal dari luar kota. Dengan adanya dukungan, bisa memberikan angin segar bagi masyarakat Jakarta.

Baca juga: Pedagang Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK

"Kita bisa lebih tenang, kondisi harga lebih stabil. Kalau harga stabil, inflasi terkendali. Dengan kontribusi Jakarta sekitar 18% dari GDP, inflasi nasional pun akan ikut terkendali," imbuh Anies.

Menurut dia, ketika inflasi daerah terkendali, ibu rumah tangga tidak perlu khawatir dengan harga kebutuhan bahan pokok. Pihaknya pun berharap daerah selain Jakarta juga mendapat dukungan stok, sehingga inflasi nasional dapat terkendali.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT