28 June 2022, 21:37 WIB

Warga Antusias Jajal Kendaraan Listrik Otonom di QBig BSD City


Mediaindonesia.com |

SEJAK peresmian uji coba autonomous electric vehicles (AV) atau kendaraan listrik otonom oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada 20 Mei lalu, masyarakat terlihat antusias ingin mencoba kendaraan tersebut. Animo positif masyarakat terlihat dari antrean calon penumpang yang ingin mencoba kendaraan tanpa awak ini di QBig BSD City. 

Selama kurang lebih dua bulan, tercatat ribuan pengunjung QBig telah merasakan pengalaman naik kendaraan canggih itu. Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan pihaknya menghadirkan autonomous electric vehicle yang diproyeksikan sebagai kendaraan masa depan. Transportasi cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju. 

"Kini kami menghadirkannya di QBig sehingga warga dan pengunjung BSD City bisa jadi yang pertama untuk mencoba teknologi ini. Semoga pemerintah dapat segera merealisasikan regulasi terkait kendaraan listrik otonom ini, sehingga teknologi tersebut dapat digunakan untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat yang tinggi tapi tetap ramah lingkungan," papar Irawan.

AV beroperasi setiap Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Hal yang perlu dipastikan oleh calon penumpang yaitu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan melalui aplikasi OneSmile. Bagi masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan ketentuan memiliki tinggi badan minimal 120 cm dan didampingi oleh orangtua. 

Baca juga: Sinar Mas Land Bentuk Living Lab Ventures untuk Danai Startup

Kemudahan akses transportasi serta mobilitas warga dan masyarakat luas di BSD City akan menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land. Sebagai informasi, uji coba kendaraan listrik otonom ini dilaksanakan di QBig BSD City mulai dari 21 Mei 2022 hingga 12 Agustus 2022. 

Selanjutnya, pada uji coba kedua kendaraan ini direncanakan akan beroperasi kembali di Kawasan BSD Green Office Park pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023. Perkembangan ekosistem kendaraan listrik otonom ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT