22 June 2022, 16:55 WIB

Ini 10 Ide untuk Merayakan HUT DKI Jakarta ke-495


Mediaindonesia.com |

SETIAP 22 Juni, DKI Jakarta merayakan hari ulang tahunnya. Tahun ini, Ibu Kota Indonesia itu merayakan ulang tahunnya yang ke-495. Meski sudah lama dikenal sebagai pusat pemerintahan, bisnis, dan ekonomi, Jakarta tetap memiliki daya tarik yang seakan tidak pernah habis karena selalu ada yang baru di kota ini, baik dari sisi tempat wisata maupun atraksi yang ditawarkan.

Faktanya, para wisatawan memang bisa melakukan berbagai hal di kota yang dahulu bernama Batavia ini. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, mencari spot-spot cantik untuk diunggah ke media sosial, hingga yang akhir-akhir ini menjadi tren perjalanan masa kini yaitu staycation.

Baca juga: 5 Kegiatan Positif untuk Rayakan HUT ke-495 DKI Jakarta

Data dari lifestyle superapp Traveloka menunjukkan, Jakarta menjadi salah satu kota dengan peminat staycation paling banyak. Dan tren ini secara konsisten mengalami perkembangan yang  tercermin dari adanya peningkatan pemesanan hingga 30% bahkan setelah libur lebaran 2022. Traveloka juga mencatat bahwa tren staycation konsumen tergolong tinggi pada akhir pekan yang dijalani bersama keluarga atau sekelompok teman. Pilihan hotel yang paling diminati adalah yang memiliki sejumlah fasilitas ramah anak, misalnya kolam renang
anak, kids club, dan playground (taman bermain).

Berikut beberapa ide berwisata di Jakarta, termasuk staycation, yang bisa dilakukan untuk turut memeriahkan hari ulang tahun Jakarta. Tentunya semua kegiatan ini tidak memungkinkan untuk dilakukan dalam sehari, sehingga bisa disesuaikan waktunya.

Pertama, berolahraga di taman kota. Jakarta punya banyak pilihan taman yang bisa dikunjungi sebagai lokasi berolahraga, khususnya pada pagi hari. Di antaranya Sumenep Promenade dan Taman Suropati di Jakarta Pusat, Taman Ria Rio di Jakarta Timur, Taman Langsat di Jakarta Selatan, Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara, dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.

Kemudian menyantap sarapan dengan menu pilihan warga Jakarta. Ada banyak menu sarapan di Jakarta yang bisa dipilih untuk disantap sebelum memulai hari, salah satunya bubur. Menurut data Traveloka, bubur menjadi salah satu pilihan menu sarapan penduduk Jakarta dengan waktu pemesanan biasanya pukul 07.00 – 09.00 pagi. Memesan makanan jadi lebih mudah menggunakan layanan Traveloka Eats delivery

Ketiga, berfoto dengan latar landmark Ibu Kota. Jakarta punya aneka landmark ikonik yang bisa dijadikan latar foto. Beberapa landmark itu  yakni Monumen Nasional, Patung Selamat Datang serta Bundaran HI, dan Gelora Bung Karno. Keempat, Jalan-jalan ke Jakarta Fair 2022. Merayakan ulang tahun Jakarta belum lengkap kalau belum ke Jakarta Fair Kemayoran 2022 atau Pekan Raya Jakarta dari 9 Juni 2022 hingga 17 Juli 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Kelima wisata ke museum dan galeri seni. Sisi sejarah Jakarta cukup menarik untuk diketahui. Beberapa di antaranya ada di satu kawasan jadi lebih mudah dicapai dengan berjalan kaki, yaitu di kawasan Kota Tua. Tidak hanya museum, sebagai kota modern Jakarta juga menjadi rumah dari beragam kesenian, termasuk seni kontemporer. Kegiatan pergi ke museum atau galeri seni ini tak hanya dapat menambah wawasan sekaligus bisa menambah pengalaman serta pencarian spot foto estetik

Keenam Staycation. Jakarta menjadi salah satu kota favorit masyarakat untuk staycation. Menurut data Traveloka, lokasi akomodasi favorit ada di di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, diikuti Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Jenis akomodasi yang paling diminati adalah hotel dan apartemen. Agar pemilihan akomodasi menjadi lebih nyaman dan sesuai kebutuhanmu, kamu bisa membaca ulasan atau review dari para tamu hotel sebelumnya. Kamu juga bisa memesan akomodasi khusus untuk keluarga atau sekelompokdengan Traveloka Holiday Stays

Ketujuh, Workcation.  Selain tren staycation, tren business trip (perjalanan bisnis) atau workcation saat pertengahan minggu juga digemari masyarakat. Kedelapan, keliling Jakarta dengan ragam moda transportasi. Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki banyak moda transportasi modern yang layak dicoba. Agar lebih praktis dan nyaman dalam menjelajah keindahan kota Jakarta, Traveloka menyediakan layanan Quick Ride serta Car Rental.  

Kesembilan, mengenal ragamnya budaya di Jakarta. Jakarta adalah melting pot beragam budaya. Selain kawasan pecinan di Glodok, ada area Little India di Pasar Baru dan area Little Tokyo di Blok M. Atau budaya Betawi di Setu Babakan. Dan kesempuluh jalan-jalan ke tempat wisata outdoor di Jakarta. Selain mal, Jakarta punya banyak tempat wisata outdoor yang wajib dikunjungi. Misalnya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Wisata Alam Mangrove, dan Dunia Fantasi atau Dufan di Taman Impian Jaya Ancol. Selain taman wisata, kamu juga bisa menjelajah keindahan kepulauan seribu di Jakarta dengan turut mengikuti tur wisata.

Setelah menyimak rangkaian tips dan rekomendasi Traveloka diatas, pastikan momen perayaan HUT Jakarta kamu dan orang tersayang lebih berkesan dan tak terlupakan dengan memanfaatkan beragam kemudahan yang disediakan aplikasi Traveloka. Mulai dari produk dan layanan yang end-to-end untuk para konsumen, hingga rangkaian program harga spesial yang dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT