22 June 2022, 14:46 WIB

Polda Metro Sambut Positif Khilafatul Muslimin Deklarasi Setia NKRI


Rahmatul Fajri | Megapolitan

POLDA Metro Jaya menyambut baik adanya deklarasi setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dilakukan oleh Khilafatul Muslimin Bekasi pada Senin (20/6).

Sebelumnya, setelah ramai penolakan warga, Khilafatul Muslimin Bekasi mendeklarasikan diri kembali ke NKRI. Khilafatul Muslimin Bekasi juga mendeklarasikan diri menolak segala bentuk radikalisme.

Deklarasi tersebut disampaikan oleh Amir Khilafatul Muslimin Wilayah Bekasi Raya Djhonny Pahamsah alias Abu Salma dan para anggotanya di markas Khilafatul Muslimin Bekasi, Pekayon, Bekasi. Deklarasi itu dihadiri Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dan jajaran serta Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama Putra.

"Kami segenap pengurus yayasan Khilafatul Muslimin Bekasi Raya mendeklarasikan. Satu, mengakui NKRI yang berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika," ucap Abu Salma yang diikuti peserta lain.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan pihaknya menyambut baik deklarasi tersebut, karena para pengikut dan pengurus Khilafatul Muslimin telah kembali mengakui Pancasila sebagai ideologi negara.

"Tentu kita menyambut baik deklarasi itu. Mereka kembali kepada falsafah bangsa, ideologi bangsa yang sesungguhnya yaitu Pancasila," kata Zulpan ketika dihubungi, Rabu (22/6).

Baca juga:  Polisi Tetapkan 2 Pimpinan Ponpes Khilafatul Muslimin Sebagai Tersangka

Zulpan mengatakan pemahaman dan aktivitas Khilafatul Muslimin yang bertentangan tersebut merupakan invisible crime. Khilafatul Muslimin bergerak melanggar hukum dengan melawan ideologi negara dan menyebarkan paham khilafah dengan cara-cara tersembunyi. Khilafatul Muslimin memiliki pemahaman khilafah dengan Abdul Qadir Hasan Baraja sebagai khalifahnya.

Maka dari itu, Zulpan menyambut baik jika pengikut dan pengurus Khilafatul Muslimin mendeklarasikan diri setia kepada NKRI dan Pancasila.

Lebih lanjut, Zulpan mengatakan pihaknya tak berhenti begitu saja dengan adanya deklarasi tersebut. Polda Metro Jaya bersama instansi terkait akan membahas lebih lanjut mengenai deradikalisasi, terutama kepada anak-anak yang sebelumnya menempuh pendidikan di sekolah Khilafatul Muslimin. Diketahui, Khilafatul Muslimin memiliki sekolah dari tingkat SD hingga tingkat perguruan tinggi.

"Nanti kita akan sampaikan lagi update berikutnya. Mungkin dalam minggu ini terkait bagaimana penanganan terhadap korban-korban Khilafatul Muslimin ini," ungkapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT