30 May 2022, 18:39 WIB

Ini Penjelasan Polda Metro Soal Fahri Gagal Tes Kesehatan


Mohamad Farhan Zhuhri |

BELAKANGAN ini, viral sebuah video terkait seorang pemuda bernama Fahri Fadilah Nur Rizki, 21, yang gagal tidak bisa berangkat pendidikan calon Bintara Polri 2021. 

Dalam unggahan tersebut, dirinya mengatakan telah lulus tes peringkat ke-35 dari 1.200 calon siswa. Namun mendakati waktu keberangkatan, siswa tersebut mendapat kejutan karena nomor peringkatnya diganti nama orang lain.

Video ini diunggah di akun Instagram anggota DPR RI Hillary Brigitta. Dalam captionnya, dia menandakan ke Kapolda Metro dan Kapolri.

Baca juga: Tiga Orang Rimba Resmi Menjadi Bintara Remaja Polri

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan bahwa Fahri Fadilah sudah mengikuti tes sebagai Bintara Polri dari 2019 silam.

Akan tetapi, calon siswa bernomor 031125/P0431 tidak pernah lulus, karena memiliki masalah kesehatan, yaitu buta warna parsial.

"Calon siswa sudah mendaftar di Polda Metro Jaya sebanyak tiga kali dan gagal, karena didiagnosa buta warna parsial," papar Zulpan, Senin (30/5).

Kemudian, Fahri sempat dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan gelombang pertama periode 2021. Namun sebelum berangkat pendidikan di Lido, Jawa Barat, dirinya harus mengikuti supervisi.

Baca juga: Polri Dinilai Langgar Aturan Jika Kembali Aktifkan Brotoseno

Dalam supervisi, calon siswa tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri. "Dengan temuan buta warna parsial, dari temuan supervisi itu kami tindak lanjuti dan pendalaman," imbuh Zulpan.

Setelah dilakukan pendalaman, Fahri kemudian menjalani pemeriksaan di RS Polri Kramat Jati dan disaksikan oleh Kabid Dokter Kesehatan, Kabid Propam dan Biro SDM Polda Metro Jaya. Berikut, kedua orang tua pemuda kelahiran 2001 tersebut.

Pemeriksaan di RS Polri dilakukan oleh dokter spesialis mata. Hasilnya, Fahri tetap dinyatakan buta warna parsial. "Itu yang membuat yang bersangkutan tak dapat mengikuti pendidikan, karena ini syarat mutlak untuk menjadi anggota Polri," pungkasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT