25 May 2022, 20:18 WIB

Jakarta PPKM Level 1, Monas Tunggu Instruksi Pemprov DKI Untuk Pembukaan Kembali


Selamat Saragih |

KEPALA Unit Pengelola Teknis Monumen Nasional (UPT Monas) Muhammad Isa Sanuri mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan Monas akan kembali dibuka untuk umum, berkait status Jakarta yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

Dia menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait pembukaan Monas.

"Sampai saat ini, kita juga masih menunggu instruksi dari Pemprov DKI," kata Isa, di Jakarta, Rabu (25/5).

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung rencana Pemprov DKI Jakarta kembali membuka kawasan Monas bagi wisatawan dalam waktu dekat.

Menurut Sandiaga, pembukaan Monas dapat mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga : Pameran Mobil Balap Formula E di Monas Batal

Hal tersebut disampaikan usai acara Halalbihalal Kemenparekraf/Baparekraf di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (23/5).

"Pembukaan Monas kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Dari kami sudah mengajukan sebelum lebaran (Monas kembali dibuka). Karena selain Ancol, TMII, dan Ragunan, Monas ini sudah ditunggu-tunggu," kata Sandiaga, dalam rilisnya, di Jakarta, Senin kemarin.

"Diharapkan dalam dua pekan ke depan sudah bisa kembali dibuka," harap Sandiaga.

Dia mengatakan, pembukaan kembali Monas bagi wisatawan akan membawa dampak yang besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut dia, Monas yang merupakan salah satu ikon Kota Jakarta, memang menjadi destinasi favorit wisatawan. Tidak hanya bagi wisatawan nusantara, tapi juga wisatawan mancanegara. (OL-7)

BERITA TERKAIT