14 May 2022, 07:43 WIB

DKI Kembali Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak, di Atas 100 Orang 


Kautsar Widya Prabowo | Megapolitan

DKI Jakarta kembali menjadi daerah penyumbang kasus covid-19 terbanyak. Sebanyak 101 kasus dari 335 kasus covid-19 nasional berasal dari Ibu Kota, Jumat (13/5).

“Terdiri dari 89 kasus penularan lokal dan 12 kasus dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN),” tulis Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dalam keterangan yang dikutip, Sabtu (14/5).

Kemudian Jawa Barat melaporkan 64 kasus covid-19 baru. Seluruh kasus tersebut berasal dari penularan lokal.

Baca juga: PPKM Level 2 di DKI Diperpanjang, Anies Minta Masyarakat tidak Lengah

“Berikutnya Banten mencatat 43 kasus covid-19 yang terdiri atas penularan lokal,” lanjut keterangan tersebut.

Sementara itu, ada sembilan provinsi yang nihil kasus covid-19 hari ini. Provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatra Selatan, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Maluku.

Indonesia disebut tidak lagi dalam kondisi kedaruratan pandemi covid-19. Indonesia mulai bertransisi ke fase endemi.

"Bisa dikatakan, saat ini, Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespons pandemi covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa (10/5).

Menurut Wiku, kondisi itu tercermin sejumlah indikator. Di antaranya menurunnya jumlah kasus positif, kasus aktif, keterisian rumah sakit, dan angka kematian. Termasuk, perilaku sosial atau ekonomi di tengah masyarakat. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT