13 May 2022, 13:38 WIB

DKI Umumkan Ada Juga Kasus Hepatitis Umum Sebanyak 24 Orang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan kasus dugaan hepatitis akut misterius di Jakarta belum bertambah yakni terdapat 21 kasus di mana tiga di antaranya meninggal dunia.

Dari 21 kasus tersebut tujuh orang pasien berada pada usia di atas 16 tahun dan sisanya berusia di bawah 16 tahun. Riza juga menyebutkan ada 24 kasus hepatitis lainnya di Jakarta.

"Di luar itu memang ada lagi 24 kasus kategori hepatitis yang umum biasa gejala. Namun masih dalam bentuk gejala," kata Riza di Balai Kota, Kamis (12/5) malam.

Baca juga:  Gejala Awal Hepatitis, Nyeri Perut hingga Diare

Ia pun mengimbau seluruh warga agar waspada. Setelah dua tahun menghadapi pandemi, dunia kembali dikejutkan dengan wabah Hepatitis misterius yang menyerang anak-anak. Pemprov DKI melakukan berbagai langkah sosialisasi kepada masyarakat agar mewaspadai dan melakukan pencegahan terhadap penyakit ini. Di antaranya masyarakat harus senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan mencuci tangan di air mengalir dengan sabun serta mengonsumsi makanan yang dimasak dengan benar dan bergizi.

"Agar masyarakat Jakarta memastikan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan selalu melaksanakan prokes secara patuh, disiplin serta bertanggungjawab dan hindari tempat-tempat umum dan bersama khususnya anak-anak, seperti kolam renang, arena bermain, tempat bermain, dan tempat makan bersamaan itu agar dihindari," ujarnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT