12 May 2022, 11:55 WIB

Ancaman Hepatitis Akut Misterius Di Awal PTM, PKS: Pencegahan dan Sosialisasi Harus Masif


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

SEIRING menurunnya penyebaran virus covid-19 di Indonesia khususnya di Jakarta, kini ibu kota dihantui dengan penyebaran hepatitis akut yang banyak menyerang anak-anak usia dini. Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi E dari Fraksi PKS yang membidangi kesehatan Solikhah, memberikan sorotan terkait dengan kondisi ini, dirinya juga mendapatkan laporan dari masyarakat agar ada perhatian dari Pemerintah.

Solikhah mengatakan perlunya keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta khususnya Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk melakukan pencegahan dan sosialisasi secara masif keseluruh sekolah-sekolah untuk memutus penyebaran virus ini.

“Ini mengkhawatirkan dunia kesehatan sekaligus pendidikan, terlebih hari ini sudah diawalinya pembelajaran tatap muka (PTM) di seluruh DKI,” kata Solikhah, Kamis (12/5) dalam keterangan tertulis.

Solikhah juga mengingatkan, agar disetiap institusi pendidikan khususnya jenjang sekolah SD, SMP juga SMU/SMK sederajat harus mengikuti SKB 4 Menteri tentang PTM yang telah diterbitkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Tahun 2022, Nomor HK.01.08/MENKES/1140/2022, Nomor 420-1026 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

“Jika ini dilakukan dengan baik, maka pencegahan virus covid atau virus lainnya, insya Allah akan bisa diminimalisir dan kita tidak akan kembali ke masa-masa kelam pandemi beberapa waktu lalu,” tutupnya.

Solikhah juga menyampaikan, dalam waktu dekat Komisi E akan meminta penjelasan secara langsung dari Dinas Kesehatan tentang kesiapan seriusnya dalam pencegahan dan penanganan terhadap penyebaran hepatitis akut misterius ini. (OL-12)

BERITA TERKAIT