12 May 2022, 09:03 WIB

Banjir di Kota Tangerang Berangsur Surut Sampah Berserak


Sumantri | Megapolitan

KONDISI banjir yang melanda Kota Tangerang berangsur surut hingga mencapai 90 persen. Dari 11 titik yang terendam dengan ketinggian air 40 sampai 100 Cm, tinggal 20 - 15 Cm.

Sisa genangan itu masih terjadi di sekitar Situ Bulakan, Kecamatan Periuk dengan ketinggian 20 Cm, sedangkan di Perum Pondok Arum dan Jalan Raya Galeong, Kecamatan Karawaci ketinggian air menurun hingga 15 cm.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koeswara menyatakan, dari beberapa titik yang dilanda banjir dengan ketinggian 100 Cm terjadi di Jalan Bumi Mas Raya Cikokol, Taman Royal Poris Plawad, Mutiara Pluit Periuk, Jembatan Alamanda Periuk, Fly Over Taman Cibodas hingga Cimone Mas Permai.

“Alhamdulillah sejak tadi malam genangan air sudah surut, kendaraan atau lalu lintas juga sudah kembali normal," kata Deni, Kamis (12/5)

Para petugaspun, lanjutnya, juga bergerak untuk membantu proses pemulihan atau pembersihan sisa-sisa banjir, baik di pemukiman warga maupun di akses jalan raya. Mudah-mudahan, tambah dia, hujan dengan intensitas tinggi tidak turun lagi, sehingga genangan air bisa ditanggulangi.

"Semoga cuaca tak kembali buruk, sehingga banjir tak lagi melanda rumah warga," tandas dia.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin mengatakan banjir yang terjadi di 11 titik di Kota Tangerang, selain dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (11/5) dini hari, tanggul kali di wilayah Alamanda dan Situ Bulakan juga bocor.

"Untuk tanggul yang bocor itu sudah dibuatkan tanggul sementara. Kalau sudah surut nanti harus segera diperbaiki," kata dia sembari menambahkan dinas terkat seperti Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga harus turun tangan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir melakukan pembersihan pasca banjir. (OL-13)

baca juga: Banjir Landa Kota dan Kabupaten Tangerang, Ketinggian Air Capai ...

BERITA TERKAIT