09 May 2022, 22:52 WIB

Elemen Masyarakat Inisiasi Badan Koordinasi Dorong Pembentukan Provinsi Tangerang Raya


Syarief Oebaidillah |

SEJUMLAH tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha, lintas ormas atau LSM melakukan inisiasi dan berkomitmen membentuk Badan Koordinasi (Bakor) Provinsi Tangerang Raya. 

Koordinator inisiator dan deklarator Bakor Provinsi Tangerang Raya, Yardin Zulkarnaen mengatakan, organ pendukung terbentuknya Provinsi Tangerang Raya antara lain Forum Masyarakat Peduli Tangerang Sekitarnya (Formalitas), Presidium Aliansi Rakyat Tangerang Raya (ALTTAR), GAAS (Gerakan Advokat dan Aktivis), LBH Peta. 

"Atas gagasan ini, kami intensif melakukan komunikasi tentang pembentukan Bakor Tangerang Raya  bersama berbagai tokoh masyarakat guna menyamakan dan menyatukan visi dan misi bersama.Karena itu kita menggalang dan merekrut SDM Intelektual pula. Pasalnya, mewujudkan ini membutuhkan kerja ekstra," kata Yardin Zulkarnain kepada Media Indonesia di Ciputat, Senin (9/5) 

Yardin yang juga tokoh pemuda Tangsel dan Koordinator Formalitas mendorong warga Tangerang Raya yang memiliki potensi dan jaringan berperan aktif mewujudkan terbentuknya Provinsi Tangerang Raya.

Provinsi Tangerang Raya nantinya mencakup Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Tangerang Tengah dan Kabupaten Tangerang Utara.

Menurutnya, Bakor Provinsi Tangerang Raya terbentuk berkat dukungan sejumlah tokoh, LSM, dan pengusaha yang mendukung adanya  perubahan di Tangerang Raya 

Baca juga : Tes Massal Usai Libur Lebaran, 19 ASN Kota Depok Positif Covid-19

Yardin melanjutkan, Bakor Tangerang Raya segera mengagendakan program kerja, diantaranya merekrut tokoh-tokoh se-Tangerang Raya, Akivis, politisi, pengusaha, Akademisi dan lain lain. 

Berikutnya akan digelar pertemuan untuk mensosialisasikan Provinsi Tangerang Raya, membuat kajian akademis atau studi kelayakan Provinsi Tangerang Raya dalam memekarkan diri dari Provinsi Banten.

Langkah lainnya bertemu dan melakukan pendekatan dengan kepala daerah, kalangan eksekutif dan legislatif Kabupaten/Kota se Tangerang Raya, juga melobi Gubernur Provinsi Banten dan DPRD Banten, Mendagri dan DPR-RI. 

"Atas Ijin Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa pascapemilu atau Pilkada tahun 2024, Provinsi Tangerang Raya dapat  berdiri sehingga pemilu atau Pilkada 2029 menjadi pilkada pertama pemilihan Gubernur Provinsi Tangerang Raya secara langsung," harapnya. 

Adapun inisiasi bakor Tangerang Raya telah didukung sejumlah tokoh Tangsel.Saat ini Bakor telah menunjuk 3 (tiga) pelaksana tugas sebagai kordinator sementara Bakor Tangerang Raya yakni Komar sebagai Plt Kordinator Sementara Kota Tangsel, Nur Syarif sebagai Plt Kordinator Kota Tangerang, Gandi sebagai Plt Kordinator Kabupaten Tangerang, dan Diaz Plt juru bicara Bakor Tangerang Raya

Yardin berharap pelaksana tugas yang di tunjuk menjadi Plt. kordinator sementara dan juru bicara Bakor Provinsi Tangerang Raya dapat menerima tugas dengan baik guna memudahkan konsolidasi, komunikasi dan kordinasi menjelang pertemuan akbar perdana pascalebaran idul fitri 1443 H  yang telah di agendakan. (OL-7)

BERITA TERKAIT