09 May 2022, 20:20 WIB

Tes Massal Usai Libur Lebaran, 19 ASN Kota Depok Positif Covid-19


Kisar Rajaguguk |

DINAS Kesehatan Kota Depok bersama Puskesmas melakukan pemeriksaan Tes Antigen terhadap ribuan aparatur sipil negara (ASN) yang melakukan perjalanan ke luar kota selama libur panjang Idul Fitri kemarin. Hasil tes 19 ASN positif covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kota Depok yang menjalani Tes Antigen sebanyak 2.359 orang.

Dari jumlah tersebut sebanyak 19 ASN positif covid-19. " Total tes Senin (9/5) sebanyak 19 orang positif covid-19. Di Balai Kota 13 orang positif covid-19 Sedangkan di luar Balai Kota 6 orang, " ujarnya Senin (9/5).

Mary menyebut Tes Antigen dilakukan untuk mencegah penyebaran kasus covid-19 yang berasal dari imported case atau klaster luar kota.

Mary menjelaskan, pelaksanaan Tes Antigen terhadap ribuan pegawai ASN atau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dilakukan guna pencegahan penularan covid-19.

Baca juga: Kantor Pasar Kemirimuka Kota Depok Tertutup Timbunan Sampah

"Ini sesuai arahan Pak Wali Kota. Setiap ASN yang pergi ke luar kota, pulangnya harus di Tes Antigen," kata Mary, Senin (9/5).

Selama menjalani penyembuhan, sambungnya, mereka (19) ASN diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan tidak beraktivitas terlebih dulu.

" Ini untuk meminimalisir penularan dari luar kota," tutur Mary.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta kepada seluruh ASN atau pegawai negeri sipil (PNS) yang akan melakukan perjalanan ke luar kota selama libur panjang untuk melapor kepada dirinya.

Idris juga mewajibkan ASN yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan Tes Antigen dan isolasi mandiri setelah pulang dari luar kota.

"Saya minta seluruh ASN Kota Depok yang mau keluar kota, untuk laporan kepada atasannya. Pulangnya wajib tes, " kata Idris. (OL-4)

BERITA TERKAIT