06 May 2022, 22:01 WIB

Safari Politik Prabowo ke Jatim Perkuat Potensi Kemenangan Prabowo di Pemilu 2024


Mediaindonesia.com |

SAFARI politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke Jawa Timur bersilaturahmi dengan para kiai dinilai berdampak positif secara elektroral. 

Pasalnya, saat Pilpres 2019 Prabowo tidak mendapat dukungan signifikan di Jawa Timur. 

"Kunjungan Prabowo ke Jatim dan silaturahmi dengan para kyai tentu menjadi sinyalemen Prabowo akan maju Pilpres di 2024. Kunjungan ini vakan memperbesar potensi kemenangan Prabowo karena Jatim merupakan salah satu provinsi yang memiliki pemilih gemuk," kata pengamat politik Arif Nurul Imam, Jumat (6/5).

Apalagi kata Arif, kunjungan ini juga bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur Khafifah Indar Parawansah yang notabene memiliki basis massa riil. Di Jatim, Prabowo beberapa kiai dan ziarah ke makam mantan Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur. 

"Ini bisa dibaca sebagai bagian Prabowo melakukan penetrasi pemilih sehingga jika melihat respon kunjungan tersebut potensi akan mendukung Prabowo jika maju Pilpres lagi, " tuturnya. 

Jawa Timur sebagai provinsi yang memiliki pemilih terbesar kedua setelah Jawa Barat memang menjadi salah satu kunci memenangkan pilpres. 

"Karena itu kunjungan ini juga bisa memperbesar dukungan Prabowo Subianto, terutama di wilayah  Jawa Timur,  sehingga potensi menang di Pilpres 2024 akan makin terbuka," pungkasnya. 

Pada momentum Idul Fitri 1443 Hijriah, pada Lebaran hari pertama Prabowo berkunjung dan bersilaturahim ke Presiden Joko Widodo lalu dilanjutkan ke Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Berikutnya pada Lebaran hari kedua, tepatnya Selasa (3/5) malam, Prabowo menuju Jawa Timur dan bersilaturahim ke Gubernur Khofifah, di Gedung Negara Grahadi Surabaya. (Ant/OL-8)

BERITA TERKAIT