04 May 2022, 14:30 WIB

Alami Kerusakan Kemudi, KM Bina Karya Kembali ke Kali Adem


Rahmatul Fajri |

KAPAL KM Bina Karya yang berangkat menuju Pulau Pramuka, terpaksa kembali ke Pelabuhan Kali Adem, Jakarta. Diketahui, kapal tersebut mengalami kerusakan pada bagian kemudi.

Kapolsek Sunda Kelapa Komisaris Seto Handoko Putra mengatakan awalnya kapal tersebut berangkat dari dermaga Kali Adem menuju Pulau Pramuka pada Rabu (4/5) pukul pagi. 

Begitu memasuki kawasan Pulau G, kemudi kapal tersebut rusak, sehingga tidak bisa berbelok. Kapal yang mengangkut 140 penumpang pun kembali ke Pelabuhan Kali Adem.

Baca juga: Hari Kedua Lebaran, Puluhan Ribu Orang Padati Kawasan Ancol

"Kapal KM Bina Karya yang berangkat dari Kali Adem tujuan Pulau Pramuka, dengan jumlah penumpang 140 orang, mengalami kerusakan kemudi di sekitar Pulau G," ujar Seto melalui keterangannya, Rabu (4/6).

Adapun Kapal KM Bina Karya dievakuasi dengan ditarik kapal milik Dinas Perhubungan DKI, untuk kemudian menuju Pelabuhan Kali Adem. Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. 

Baca juga: H+2 Lebaran, Tol Ciawi Arah Puncak Macet Total

Namun, kerusakan kemudi kapal berdampak pada penumpukan penumpang. Sebab, jadwal keberangkatan wisatawan yang hendak ke Pulau Seribu terganggu.

"Dimungkinkan akan terjadi penumpukan penumpang karena tingginya antusias warga untuk berwisata ke Pulau Seribu," imbuh Seto.

Awalnya, penumpang akan dialihkan ke kapal lain. Namun, pihak KM Bina Karya kemudian memperbaiki kemudi yang rusak. Setelah selesai diperbaiki, perjalanan kembali dilanjutkan menuju Pulau Pramuka.(OL-11)

BERITA TERKAIT