03 May 2022, 17:45 WIB

Jika Pengunjung Melebihi Kapasitas, Kota Tua Ditutup Sementara


Selamat Saragih |

KAWASAN Kota Tua di Jakarta Barat akan ditutup sementara, jika jumlah pengunjung melebihi kapasitas maksimal, yakni 1.000 orang.

"Nanti kalau ada yang bergeser atau pindah, di dalam diimbau ada pengosongan, baru nanti bisa ditambah lagi yang masuk," ujar Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua Dedy Tarmizi, Selasa (3/5).

Baca juga: Masyarakat Sebaiknya tak Pulang Serentak ke Jabotabek pada 6-8 Mei

Sebab, pada masa libur Lebaran, jumlah pengunjung Kota Tua dibatasi hanya 1.000 orang. "Kalau lebih dari 1.000 orang, untuk sementara kita arahkan pengunjung ke area Kali Besar atau wisata lain," sambungnya.

Terdapat dua pintu masuk yang dibuka untuk pengunjung Kota Tua. Rinciannya, pintu masuk sisi Museum Bank Mandiri dan pintu masuk Kota Intan. Sementara itu, pintu keluar yang dibuka adalah lorong Jasindo.

Adapun jumlah pengunjung Kota Tua dapat dipantau lewat aplikasi PeduliLindungi. Dedy memprediksi jumlah pengunjung Kota Tua akan mencapai puncaknya pada Selasa (3/5) ini. 

Baca juga: Libur Lebaran, TransJakarta Operasikan Bus Wisata Rute Khusus

"Kami sudah persiapkan dalam rangka antisipasi terhadap warga Ibu Kota, yang ber-Lebaran di Jakarta," tukas Dedy.

Selama libur Lebaran, kawasan Kota Tua buka setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Jumlah pengunjung dibatasi maksimum 75% dari kapasitas, serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.(OL-11)

BERITA TERKAIT