28 April 2022, 21:34 WIB

Simak, Ini Tips Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik


Putri Anisa Yuliani |

TAHUN ini pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran ke kampung halamannya masing-masing. Masyarakat diimbau agar mudik lebih awal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) karena diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 28-30 April 2022.

Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk senantiasa memastikan keamanan rumahnya selama ditinggal mudik ke kampung halaman.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, memberikan tips kepada warga Jakarta yang hendak mudik lebaran. Tips ini Bernama Mudik PATEN, yakni mudik pasti aman dan tenang.

“Kami berikan tips Mudik PATEN (Pasti Aman dan Tenang) supaya rumah yang ditinggalkan aman dari potensi bencana. Tips ini bisa dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari potensi kebakaran yang kerap melanda ketika rumah ditinggalkan penghuninya selama mudik lebaran,” ujar Isnawa, Kamis (28/4). 

Mudik PATEN ini terdiri dari enam hal yang harus dilakukan oleh masyarakat sebelum mudik. Pertama, kunci dan pintu jendela rumah. Kedua, cabut selang regulator gas dan pastikan kompor dalam keadaan mati. Ketiga, cabut kabel dan peralatan listrik ke stop kontak, serta pastikan semua sumber listrik aman dari benda yang mudah terbakar.

Baca juga : H-5 Lebaran, Hampir 1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Keempat, kosongkan dan tutup bak penampungan air untuk mencegah bersarangnya sumber-sumber penyakit. Kelima, titipkan barang-barang berharga pada tempat yang aman untuk menghindari potensi kemalingan. Keenam, titipkan rumah ke orang yang dipercaya dan laporkan kepergian mudik kepada RT/RW setempat. 

Selain memberikan tips aman, Pemprov DKI juga mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster karena menjadi salah satu syarat yang telah ditetapkan agar bisa mudik ke kampung halaman.

“Kami juga mengajak semua masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi dan booster yang dapat diakses melalui aplikasi JAKI agar pelaksanaan mudik semakin aman dan juga nyaman,” terang Isnawa. 

Dalam perayaan Idulfitri 1443 H kali ini, layanan kedaruratan Jakarta Siaga 112 tetap beroperasi selama 24 jam dan siap melayani masyarakat apabila mengalami atau menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan. (OL-7)

BERITA TERKAIT