28 April 2022, 11:24 WIB

Ancol Jalin Kerja Sama Pariwisata dengan Kota Tomohon


Putri Anisa Yuliani |

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Kolaborasi itu bertujuan untuk pengembangan pariwisata di Kota Tomohon. Kehadiran Ancol Group di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon, tentunya akan menambah pengalaman kolaborasi Jakarta dengan pemerintah lainnya.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kota Tomohon dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk disaksikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Candi Bentar, Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (27/4).

"Hari ini kita menyaksikan kerja sama antara PT Jaya Ancol dengan Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Kami menyambut baik segala upaya untuk menciptakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah lainnya. Kali ini kesempatan kolaborasi tersebut datang dari Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara," ungkapnya dalam keterangan resmi.

Ariza menjelaskan bentuk kerja sama dalam menjadikan Kota Tomohon sebagai Learning & Knowledge Hub dalam kemasan Pariwisata merupakan suatu konsep terobosan Pemprov DKI Jakarta melalui PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Ia pun menegaskan, kolaborasi itu dapat menguatkan Jakarta sebagai kota kolaborasi.

"Kerja sama ini terjalin dalam masa pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi covid-19. Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Jakarta dan Kota Tomohon. Sehingga akan berdampak pada pemulihan ekonomi Jakarta, Tomohon, (dan) nasional," ucapnya.

Baca juga: Panitia Formula E Kebut Pengerjaan Sirkuit di Ancol

Melalui kerja sama ini, Ariza berharap Gerakan Kolaborasi Indonesia yang telah dibangun bersama Jaringan Komunitas dapat menjadi semangat baru persatuan Indonesia dan dapat mendorong terbangunnya Ekosistem Ekonomi Kolaboratif yang kuat dan berdaya saing unggulan.

"Semoga kerja sama ini berjalan dengan lancar dan para pihak mematuhi setiap ketetapan yang telah disepakati bersama. Sehingga ke depannya nanti, dapat dilanjutkan dengan kerja sama lainnnya," ungkapnya.

Untuk diketahui, ruang lingkup kerja sama tersebut antara lain meliputi penyusunan kajian dari segi bisnis, penjajakan bentuk/skema/model kerja sama serta hal lain yang sehubungan dengan sinergi potensi pengembangan pariwisata di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Adapun kesepakatan kerja sama tersebut berlaku untuk jangka waktu satu tahun, terhitung sejak dokumen kesepakatan bersama ditandatangani dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan para pihak.

Dengan adanya pengembangan proyek tourism Tomohon, maka diperlukan IP Character lokal sebagai brand wisata Tomohon. Inisiasi ini akan menggandeng creative animator sehingga berpotensi menambah lapangan pekerjaan baru.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BP BUMD DKI Jakarta; Pimpinan dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara; dan Pimpinan PT Pembagunan Jaya Ancol Tbk beserta jajaran.(OL-5)

BERITA TERKAIT