27 April 2022, 20:16 WIB

Pemudik dari Sumatra Diimbau tak Berhenti di Rest Area KM 57 Cikampek


Siti Yona Hukmana | Megapolitan

POLRI mengimbau pemudik dari Sumatra menuju timur Jawa untuk tidak berhenti di rest area KM 57 Tol Cikampek. Hal itu untuk mencegah penumpukan di tempat peristirahatan tersebut.

"Disampaikan kepada pemudik dari wilayah Sumatra menuju timur Jawa sebaiknya tidak memasuki rest area KM 57, tetapi bisa menggunakan rest area berikutnya," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/4).

Gatot mengatakan imbauan itu menyusul adanya data dari Korlantas Polri maupun Jasa Marga terkait banyaknya pemudik beristirahat di KM 57. Hal itu berpotensi menimbulkan penumpukan apabila tidak dicegah.

"Oleh sebab itu, disarankan disampaikan untuk masyarakat dari Sumatra ke timur Jawa sebaiknya beristirahat di sebelum atau sesudah rest area KM 57, termasuk pada pelaksanaan hari libur ini," ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.

Sebelumnya, Gatot mengatakan volume arus lalu lintas di Tol Cikampek menuju Merak, Banten mengalami lonjakan. Kenaikan kendaraan yang melintas pada H-5 Lebaran ini sebesar 120%. Normalnya kendaraan hanya 2.317. Namun, tercatat melintas 5.099 kendaraan pada Rabu (27/4) pagi.

Baca juga: Cek Rest Area KM 57, Kapolri Imbau Pemudik Manfaatkan Posko Mudik

Gatot mengatakan Polri telah mengantisipasi kepadatan lalu lintas terutama di ruas jalan tol saat arus mudik Lebaran 2022 tersebut yakni dengan memberlakukan one way (satu arah) dan ganjil genap mulai besok.

"Khususnya mulai besok akan dilakukan operasi ketupat oleh kepolisian itu Kamis (28/4) pukul 17.00-24.00 WIB dimulai dari Tol Cikampek KM 47 sampai dengan GT Kalikangkung KM 414," ungkap Gatot.(OL-5)

BERITA TERKAIT