16 April 2022, 17:09 WIB

Revitalisasi 46 Halte Transjakarta, DPRD DKI: Halte Harus Nyaman Bagi Penumpang


 Hilda Julaika |

ANGGOTA Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz mengapresiasi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang melakukan revitalisasi 46 halte di Jakarta.

Menurutnya, halte memang seharusnya menunjang kebutuhan penumpang sehingga menjadi tempat yang nyaman saat bermobilisasi menggunakan transportasi umum.

"Halte harus bisa menjadi tempat yang nyaman untuk penumpang. Fasilitas utama seperti toilet, musholla dan air minum sangat penting untuk diadakan di halte," kata Aziz kepada Media Indonesia, Sabtu (16/4).

Diharapkan dengan menghadirkan halte yang nyaman bisa mendorong penggunaan transportasi publik di masyarakat.

Sebelumnya, Transjakarta sudah mulai melakukan proses revitalisasi 11 halte. Pembongkaran sembilan halte akan dilakukan secara bertahap pada Jumat (15/4) tengah malam.

Baca juga: Programkan Mudik Gratis, Pemprov DKI Sediakan 492 Unit Bus dan 31 Truk

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris menyebutkan, 11 halte yang akan direvitalisasi terdiri dari Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Juanda, Halte Cawang Cikoko, Halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Kebon Pala, Halte Kwitang, Halte Balai Kota, Halte Gelora Bung Karno (GBK) dan Halte Stasiun Jatinegara 2.  

“Pembongkaran halte dilakukan secara bertahap pada sembilan halte. Sebab, Halte Kwitang dan Balai Kota sudah dibongkar sebelumnya. Sehingga bisa lanjut proses pembangunan,” ujarnya, Jumat (15/4).

Betris menjelaskan, 11 halte ini bagian dari 46 halte yang akan direvitalisasi pada tahun 2022. Ke-11 halte tersebut nantinya ditutup secara total selama proses konstruksi guna menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.

Sebagai alternatif, Transjakarta telah menyiapkan dua rute shuttle bus yang akan melayani pelanggan, baik dari maupun menuju bus setop terdekat dari halte yang sedang direvitalisasi.

Dua layanan shuttle bus tersebut terdiri daru rute Bank Indonesia (BI)-Bundaran Senayan yang beroperasi di koridor 1, dan rute Pecenongan-Juanda di koridor 2.

“Shuttle bus akan beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-22.00 atau mengikuti kebijakan PPKM yang berlaku," katanya.

Rute shuttle bus tetap bertarif normal Rp 3.500 dan dapat diakses dengan cara melakukan tapping di dalam bus sebagai alat bayarnya.  

Selama proses revitalisasi halte, pelanggan Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) dapat turun di Halte Pecenongan atau Halte Pasar Baru. Pelanggan Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) dapat turun di Halte Pecenongan atau Halte Pasar Baru.

Pelanggan Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) dapat turun di Halte Pasar Jatinegara atau Halte Slamet Riyadi. Pelanggan Koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti) dapat turun di Halte Cawang Ciliwung atau Halte Tebet BUMD. Pelanggan Koridor 11 (Kampung Melayu-Pulogebang) dapat turun di Halte Flyover Jatinegara atau Halte Jatinegara RS Premiere.

Sebagai informasi, proses konstruksi revitalisasi halte ini berlangsung sekitar enam bulan dan halte akan difungsikan kembali sampai seluruh pengerjaan selesai pada Desember 2022. (Hld/OL-09)

BERITA TERKAIT