03 April 2022, 23:55 WIB

Sekolah Di Jakarta Serentak PTM 100% Senin (4/4)


Hilda Julaika | Megapolitan

DINAS Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100% mulai Senin (4/4). PTM dengan kapasitas 100% ini dilakukan secara serentak oleh seluruh sekolah di DKI Jakarta.

“Iya dari mulai PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK. Baik negeri dan swasta. Kalau dengan madrasah atau sekolah yang dibina Kemenag itu ada sebanyak 10.979 sekolah di atas 10 ribulah angkanya,” kata Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radja Gah kepada Media Indonesia, Minggu (3/4).

Pihaknya menjelaskan, sekolah-sekolah di Jakarta sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka secara 100% ini. Karena sebelumnya sudah berpengalaman melaksanakan PTM baik secara 50% maupun 100%.

"Sekolah di DKI Jakarta kan sudah pernah melaksankan 100% dan 50% dan kita sudah monitoring hampir setiap harikan. Kondisi anak-anak, sarana prasarana, guru-guru juga. Artinya secara persiapan sudah oke pelaksanaan PTM 100% baik siswa maupun sekolah di seluruh DKI," jelasnya.

Untuk lama jam belajar para siswa dibatasi maksimal 6 jam belajar di sekolah. Dengan hanya mata pelajaran pilihan yang esensial saja yang dipilih menjadi bahan ajar PTM. Mata pelajaran ini merupakan pelajaran yang akan lebih efektif bila dijelaskan secara langsung kepada siswa.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengaku siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana penduduk prokes. Persiapan sarana dan prasarana kini tengah dilakukan. PTM 100% akan dimulai pada Senin, 4 April usai libur awal Ramadan. “Setelah libur awal Ramadan kita akan kembali 100%," kata Nahdiana. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT