31 March 2022, 13:49 WIB

PKS Dorong Dishub DKI Ngebut Bangun Jalur Sepeda


Putri Anisa Yuliani |

ANGGOTA Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M. Taufik Zoelkifli menyambut positif program Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang hendak membangun 195,6 km jalur sepeda tahun ini. Anggaran yang dibutuhkan juga besar yakni Rp119 miliar.

Ia mengatakan, pembangunan jalur sepeda memang harus dikebut tahun ini. Tahun ini merupakan tahun terakhir masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan program penyediaan jalur sepeda merupakan salah satu program prioritas gubernur selama menjabat.

Ia menjelaskan, tujuan dibangunnya jalur sepeda adalah untuk menciptakan ekosistem transportasi yang ramah lingkungan serta berkelanjutan.

"Pembangunan jalur sepeda tahun ini di Jakarta adalah amanat dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangan Menengah Daerah) DKI Jakarta 2017-2022. Jadi tahun terakhir ini Dishub DKI 'ngebut' ngejar target. Karena RPJMD harus diselesaikan dengan baik," kata Taufik saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (31/3).

Baca juga: Dishub DKI Bakal Bangun 195,6 km Jalur Sepeda Tahun Ini

Dua tahun sebelumnya yakni pada 2020-2021, program ini sempat terhambat. Hanya 11,3 km jalur sepeda permanen yang berhasil dibangun Dishub DKI dengan dana kewajiban pengembang. Hal itu dikarenakan anggaran Pemprov DKI yang terhambat karena covid-19.

"Tahun-tahun itu banyak sekali dana yang terkena refocusing, termasuk jalur sepeda. Padahal jalur sepeda punya dampak positif bagi pembangunan transportasi jangka panjang di Jakarta. Antara lain: mengurangi kemacetan, membuat udara Jakarta lebih bersih dan menyehatkan masyarakat," jelasnya.

Padahal pada 2019 silam, Pemprov DKI berhasil membangun kurang lebih 63km jalur sepeda. Pembangunan jalur sepeda yang mampu menghubungkan masyarakat dari satu tempat transit ke tempat transit transportasi lainnya itulah yang membawa Pemprov DKI mendapatkan penghargaan Sustainable Awards di bidang transportasi.

"Salah satu hal yang menyebabkan Jakarta mendapat sustainable award di bidang transportasi tahun lalu adalah terkoneksinya jalur sepeda dengan moda transportasi lain," paparnya.

Ia pun optimistis bahwa tahun ini pembangunan jalur sepeda bakal lebih baik karena ekonomi Jakarta sudah berangsur pulih.

"Insya Allah semua pembangunan di Jakarta tahun ini, bukan hanya jalur sepeda, akan berjalan lebih lancar dan lebih baik dengan sudah berakhirnya pandemi Covid-19," tandasnya. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT