28 March 2022, 13:27 WIB

DKI Bidik Perusahaan Selain Karya Citra Nusantara yang Ikut Cemarkan Marunda


Hilda Julaika |

DINAS Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta membenarkan adanya perusahaan lain yang beroperasi di Marunda yang berpotensi dikenakan sanksi terkait pencemaran di Marunda, Jakarta Utara. Pihaknya mengklaim melakukan pengawasan terhadap seluruh perusahaan yang melakukan aktivitas di sana.

“Kita sudah melakukan pengawasan terutama ke pelabuhan-pelabuhan bongkar muat di lokasi, di sekitar Kali Blencong itu,” kata Humas LH DKI Jakarta, Yogi Ikhwan saat dikonfirmasi, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Polisi Bekuk Suami yang Jual Istri ke Pria Hidung Belang

“Ada beberapa memang kita temukan pelanggaran juga, kita akan jatuhkan sanksi juga,” sambungnya.

Namun, pihaknya belum bisa membuka nama perusahaan yang melakukan pelanggaran tersebut. Lantaran pemberian sanksi masih diatur oleh Pemprov DKI Jakarta. Yogi menegaskan, perusahaan lain yang melakukan aktivitas bongkar muat batu bara hingga barang curah lainnya turut diawasi dan disiapkan sanksi saat melakukan pelanggaran.

“Namun, belum bisa disebut yang mana karena sanksinya belum diatur. Tapi ketika sanksinya diberikan pasti akan kita ekspose. tapi kita pastikan enggak hanya awasi KCN loh,” tegasnya.

Sebelumnya, PT Karya Citra Nusantara (KCN) meminta pemerintah untuk melakukan investigasi menyeluruh ihwal pencemaran debu batu bara di Marunda. Menurut mereka, KCN bukan satu-satunya perusahaan bongkar muat komoditas curah di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut KCN, setidaknya ada delapan pelabuhan penunjang di Pelabuhan Internasional Tanjung Priok di Marunda dengan aktivitas bongkar muat komoditas curah seperti batu bara, pasir, dan barang curah lainnya.

Baca juga: Limbah Muncul Lagi di Kali Bekasi, Distribusi Air Bersih Disetop

Pemprov DKI memang telah memberikan sanksi administratif kepada PT Karya Citra Nusantara (KCN) terkait pencemaran akibat abu batubara di kawasan Marunda.

"Ada sanksi berjenjang untuk perusahaan yang tidak mengelola lingkungan dengan baik," kata Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Selasa (15/3/2022). (Hld/A-3)

BERITA TERKAIT