23 March 2022, 23:29 WIB

Hari Air Sedunia, Kolaborasi Aquaproof dan Daai TV Alirkan Air Bersih ke Muara Gembong 


Mediaindonesia.com |

BERADA di provinsi Jawa Barat, Muara Gembong merupakan sebuah kecamatan paling ujung dari Kabupaten Bekasi dan merupakan daerah pesisir yang sejak dahulu sudah mengalami kesulitan air bersih. Air di Muara Gembong terbilang payau, tidak layak digunakan untuk keperluan konsumsi, hanya dapat digunakan untuk mandi, mencuci dan keperluan ibadah. 

Menurut data BPS, jumlah penduduk di kecamatan Muara Gembong pada 2018 mencapai 40 ribu orang. Untuk mendapatkan air bersih, warga Muara Gembong harus membeli dari daerah lain seperti Cilincing, Jakarta utara. 

“Kondisi air saat siang hari kotor, masih lebih baik saat malam hari saat perahu tidak lewat maka air agak bening. Biasanya air yang ada untuk keperluan mencuci dan mandi, kalau untuk minum dan kebutuhan konsumsi maka harus membeli air galon. Kadang-kadang kalau hujan saya suka menadah air hujan dengan drum besar, bisa untuk beberapa hari.” ungkap Aisyah, salah satu warga yang telah tinggal di wilayah Muara Gembong selama 15 tahun. 

Dengan masalah kesulitan air bersih dan jumlah penduduk yang cukup padat, Aquaproof bersama Daai TV mengalirkan kebaikan di daerah Muara Gembong. Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Air Sedunia itu berupa pendistribusian air bersih sebanyak 8.000 liter dan membangun tiang toren beserta pemberian torennya sebagai tempat penampungan air bersih. 

Baca juga : Rayakan Tiga Tahun Beroperasi, MRT Jakarta Gelar Festival Kuliner dan Seni

Pembangunan tiang toren dilakukan di SMP Madinatul Ilmi sehingga baik pihak sekolah maupun warga Muara Gembong dapat mengakses air bersih secara bersama. 

Selain distribusi air bersih, Aquaproof juga memberikan cat pelapis anti bocor Aquaproof untuk digunakan pengecatan tiang bangunan toren beserta pengecatan bangunan sekolah. 

"Senang sekali Aquaproof dapat ikut berkontribusi #MengalirkanKebaikan distribusi air bersih kepada warga di sekitar Muara Gembong. Selain itu, sebelumnya dari pihak Daai juga sudah mengirimkan lokasi area distribusi air bersih dan ada sekolah di tengahnya sehingga Aquaproof berinisiatif memberikan tambahan bantuan berupa cat pelapis anti bocor Aquaproof untuk melapisi dan melindungi bangunan sekolah agar anak-anak, guru, tim pendidik dapat melaksanakan proses belajar mengajar lebih nyaman," ujar Handi Wijaya, Product Manager Aquaproof. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT