18 March 2022, 18:47 WIB

HUT Ke-40, Sarana Jaya Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016


mediaindonesia.com |

MENYAMBUIT HUT ke-40 Tahun yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2022, Perumda Pembangunan Sarara jaya menerima sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016.

Dalam pelaksanaannya, SMAP dilakukan untuk memperkuat penerapan Good Corporate Governance. Implementasi SMAP muthak untuk dilakukan oleh seluruh Insan Sarana Jaya dalam mencegah praktik penyuapan gratifikasi ataupun korupsi dalam menjalankan bisnisnya.

Dalam SMAP dikenal Empat Prinsip yang menjadi pedoman dalam penerapannya. Pertama, No Bribery (hindarmenolak segah bentuk suap menyuap dan pemerasan).

Kedua. No Kickback (hindari/menolak meminta komial tanda terima kasih baik dalam bentuk uang dan dalam bentuk lainnya).

Ketiga, No Gift (hindari/menolak penerimaan pemberian hadiah atau gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku).

Kemudian keempat, No Luxurious Hospitality (hindari/menolak penyambutan dan jamuan yang berlebihan).

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya. Agus Himawan mengatakan dalam usia perusahaan yang telah menginjak 40 tahun, Sarana jaya terus konsisten dalam melakukan yang terbaik untuk perusahaan agar visi dan misi dapat teresinasikan dengan baik.

"Menginjak tahun ke-40 ini Sarana Jaya konsisten untuk terus berbenah diri untuk menjadi perusahaan yang lebih matang dalam penerapan Good Corporate Governance. Tentu itu dilakukan untuk membulaikan komitmen seluruh han Sarana Jays dalam penerspan ini," ungkap Agus, Jumat. (18/03).

Kemudian SMAP di Sarana jaya juga turut didukung dengan Whistle Blowing System (WBS) yang telah di-launching pada tanggal 9 Desember 2021, bertepatan dengan Hari And Korupsi Sedunia.

Dalam penerapan SMAP secara efektif dan efisien di Sarana jays, juga telah dibentuk Tim Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (Tim FKAP) yang diketuai oleh Direktur Administrasi dan Keuangan Sarana Jaya.

Terakhir. Agus berharap dengan upaya penerapan SMAP yang dilakukan di lingkungan Sarana jaya agar perusahaan terus melakukan perubahan yang lebih baik.

"Apa yang sudah diupayakan semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar,i ni dilakukan agar perusahaan terus melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik," tutup Agus. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT