18 March 2022, 10:17 WIB

Kasus Covid Turun Dalam Sepekan, Wagub DKI: BOR 21%, ICU Terisi 31%


Hilda Julaika |

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan kasus covid-19 selama sepekan terakhir di Jakarta mengalami penurunan. Hal ini bisa dilihat juga dari Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit yang terisi hanya 21%. Sementara untuk ruang ICU untuk pasien covid-19 dengan gejala berat terpakai 31%.

“Soal BOR RS ini dari 5.810 yang terpasang, yang terpakai sebesar 1.236 atau 21%. Untuk ICU 920 terpasang, dan yang terpakai 281 atau 31%,” kata Riza di Balai Kota, Kamis (17/3) malam.

Kendati ada penurunan kasus, Riza meminta agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. Karena penyebaran varians Omikron masih terjadi saat ini.

“Tentu kita minta masyarakat tetap disiplin melaksanakan prokes sekalipun dimulainya pelonggaran di unit-unit kegiatan di tempat umum dan transportasi. Kami minta masyarakat tetap waspada apalagi yang komorbid,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, saat ini ada sebanyak 15.899 kasus aktif (orang yang masih dirawat/isolasi) di Jakarta.

"Kami turut mengimbau agar masyarakat juga mewaspadai penularan Varian Omicron yang kini juga meningkat di Jakarta,” kata Dwi dalam keterangannya, Jumat (18/3).

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 9,1%, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 12%. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5%. (OL-12)

BERITA TERKAIT