09 March 2022, 11:49 WIB

Bandar Narkoba di Kampung Bahari Gunakan Petasan untuk Komunikasi


Yakub Pryatama W |

POLISI membongkar bandar narkoba di Kampung Muara Bahari, Jakarta Utara, Rabu (9/3).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyatakan para pelaku menggunakan kode tertentu agar aksinya mengedarkan narkoba tidak tercium oleh pihak kepolisian. Kode yang dipakai para bandar narkoba, lanjut Zulpan, dengan menggunakan petasan.

"Demikian juga ada kode yang mereka gunakan di antara mereka yaitu petasan. Mereka nyalakan petasan apabila ada gangguan dari petugas, mereka akan tiarap," ungkap Zulpan di lokasi, Rabu (9/3).

Tak hanya gunakan petasan, polisi juga mengungkap bandar narkoba ini memasang kamera pengawas (CCTV) untuk memantau pergerakan.

"Mereka pasang (CCTV) di tempat ketinggian, ini kan ada gang-gangnya, di tempat mereka berjualan narkotika," paparnya.

Baca juga: Gerebek Kampung Bahari, Polisi Ciduk 26 Tersangka Pengedar Narkoba

Sebelumnya, Polres Jakarta Utara beserta anggota Polda Metro Jaya dan TNI menggerebek kawasan Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/3). Zulpan menuturkan penggerebekan dilakukan subuh dini hari, tepatnya pukul 03.00 WIB.

"Polres Metro Jakarta Utara dibackup dengan bantuan Ditnarkoba dan Ditbinmas Polda Metro Jaya, serta unsur TNI dan Pemda hari ini melakukan pemberantasan narkotika," ungkap Zulpan, Rabu (9/3).

Sebanyak 700 personel gabungan diterjunkan dalam penggerebekan tersebut. Bahkan, aparat gabungan mencokok sebanyak 26 orang yang terdiri dari 18 pria dan delapan perempuan. Setelah diperiksa, seluruh pelaku akan ditetapkan jadi tersangka.

"26 orang pelaku diamankan," paparnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT